alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Positif Covid-19 9 Penumpang Lion Air dan Citilink Terbang ke Kalbar, 2 Pakai PCR Palsu

Hairul Alwan Senin, 28 Juni 2021 | 12:28 WIB

Positif Covid-19 9 Penumpang Lion Air dan Citilink Terbang ke Kalbar, 2 Pakai PCR Palsu
Lion Air. (Antara)

9 penumpang pesawat Lion Air dan Citilink terbang ke Kalimantan Barat, parahnya 2 penumpang pakai PCR palsu.

SuaraBanten.id - Terungkap, positif Covid-19 9 penumpang pesawat Lion Air dan Citilink terbang ke Kalimantan Barat. Parahnya 2 penumpang pakai PCR palsu.

Hal tersebut merupakan temuan Satgas penanganan Covid-19 Kalbar, Selasa (22/6/2021) lalu.

9 penumpang pesawat Lion Air dan Citilink positif COVID-19. Padahal, regulasi penerbangan telah menetapkan syarat bagi penumpang harus bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan hasil swab polymerase chain reaction (PCR).

Dikutip dari BantenHits.com-Jaringan SuaraBanten.id, 9 penumpang pesawat positif Covid-19 setelah Satgas Penanganan Covid-19 Kalbar melakukan tes pemeriksaan secara acak kepada sejumlah penumpang pesawat yang tiba di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat

Baca Juga: Publik Perlu Tahu! Beda Kehilangan Penciuman Gegara Covid-19 dengan Pilek Biasa

9 penumpang positif Covid-19 tersebut diketahui berangkat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, ke Bandara Internasional Supadio Pontianak menggunakan maskapai Lion Air dan Citilink.

“Untuk penumpang Lion Air ada dua orang yang positif, sedangkan penumpang Citilink ada tujuh orang positif dari 10 sampel penumpang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson kepada wartawan, Jumat, 25 Juni 2021.

Surat PCR Palsu dari Calo

Harisson mengatakan, dari sembilan penumpang pesawat yang dinyatakan positif tersebut, dua di antaranya menggunakan surat hasil tes swab PCR palsu.

Dalam surat itu tertulis nama Klinik Kantor Gubernur Kalbar yang mengeluarkannya. Namun, setelah dilakukan pengecekan, ternyata tidak ada data dari yang bersangkutan.

Baca Juga: Pejabat Lebak Kontak Erat dengan Bupati Iti Oktavia, Ada yang Dua Kali Positif Covid-19

“Di pesawat Lion Air pada Selasa, 22 Juni 2021, ada dua penumpang positif Covid-19, mereka membawa surat keterangan swab PCR klinik kantor gubernur, setelah kami cek ternyata palsu,” jelas Harisson.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait