Indeks Terpopuler News Lifestyle

Mal Pelayanan Publik Diresmikan, Bupati Irna Ngeluh Nggak Ada Mal Shopping

Chandra Iswinarno Senin, 31 Agustus 2020 | 15:08 WIB

Mal Pelayanan Publik Diresmikan, Bupati Irna Ngeluh Nggak Ada Mal Shopping
Peresmian pelayanan publik di Kabupaten Pandeglang dilakukan oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo dan Bupati Pandeglang Irna Narulita. [Suara.com/Saefulloh]

Tjahjo menjelaskan, sejak lima tahun terakhir Kemenpan RB terus mendampingi sejumlah daerah.

SuaraBanten.id - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI Tjahjo Kumolo meresmikan mal pelayanan publik (MPP) milik Pemkab Pandeglang, Senin (31/8/2020). Pusat layanan ini diketahui pertama di Banten.

MPP yang menempati bekas Gedung Setda Pandeglang itu dirtempati 23 instans serta 233 layanan yang ada di dalamnya.

Kehadiran MPP ini diharapkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan merangsang daerah lain untuk berinovasi.

Dengan layanan unggulan perizinan berbasis online sistem di antaranya anjungan Disduk mandiri, layanan pembuatan paspor, balai nikah dan layanan air siap minum.

"Mall pelayanan publik ini merupakan mall pertama di Provinsi Banten, semoga yang pertama di Pandeglang ini nanti akan merangsang semua daerah-daerah yang ada di tingkat dua di Banten," ujar Tjahjo.

Tjahjo menjelaskan, sejak lima tahun terakhir Kemenpan RB terus mendampingi sejumlah daerah.

Kendati belum seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia untuk memiliki mal pelayanan publik (MPP) agar masyarakat dapat mudah mengakses pelayanan, seperti mengurus KTP, akte kelahiran dan sebagainya.

"Bagaimana untuk bisa dipercepat dengan baik termasuk hal-hal lain yang saya kira itu harus diakomodasikan," katanya.

Tjahjo mengakui semua daerah di Indonesia belum memiliki MPP. Dia mengemukakan, setiap daerah yang memiliki inovasi-inovasi sekecil apapun diharapkan dapat dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dia juga mengapresiasi keberadaan MPP di Banyuwangi, Bogor, Pekanbaru dan Bandung yang merupakan MPP terbaik saat ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait