alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Lia Eden, Pimpinan Salamullah Meninggal Dunia

Hairul Alwan Minggu, 11 April 2021 | 15:08 WIB

Profil Lia Eden, Pimpinan Salamullah Meninggal Dunia
Lia Eden

Informasi Lia Eden meninggal dunia diketahui dari akun Facebook Serikat Jurnalis untuk keberagaman (Sejuk), Minggu (14/4/2021).

SuaraBanten.id - Lia Eden, Pimpinan Salamullah meninggal dunia. Lia Aminuddin, nama asli Lia Eden meninggal dunia, Jumat (9/4/2021) lalu.

Informasi Lia Eden meninggal dunia diketahui dari akun Facebook Serikat Jurnalis untuk keberagaman (Sejuk), Minggu (14/4/2021).

Berikut profil lengkap Lia Eden :

Lia Aminuddin atau yang dikenal sebagai Lia Eden lahir di Jakarta, 21 Agustus 1947 – meninggal 9 April 2021 pada umur 73 tahun adalah wanita yang mengaku telah mendapat wahyu dari malaikat Jibril untuk mendakwahkan sebuah aliran kepercayaan baru.

Baca Juga: Dinyatakan Sesat, Ini Penjelasan Salamullah dan Enam Aliran Lainnya

Aliran kepercayaan yang ia yakini melanjutkan ajaran 3 Agama Samawi: Yudaisme, Kekristenan, dan Islam, dan menyatukan dengan agama-agama besar lainnya termasuk Buddhisme, Jainisme, dan Hindu di Indonesia.

Lia Eden kemudian mendirikan sebuah jemaat yang disebut Salamullah untuk menyebarluaskan ajarannya. Dia secara kontroversial mengaku sebagai titisan Bunda Maria dan ditugaskan Jibril untuk mengabarkan kedatangan Yesus Kristus ke muka bumi.

Dia juga menubuatkan beberapa ramalan yang sensasional. Hal ini mengundang reaksi selama momentum trending, terutama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

MUI memfatwakan Lia Eden menyebarkan aliran sesat dan melarang perkumpulan Salamullah pada bulan Desember 1997.

Dia melontarkan kritikannya tentang kesewenangan ulama MUI yang diasosiasikan dalam sebuah sabda Jibril yang disebut "Undang-undang Jibril" (Gabriel's Edict). Akibatnya dia ditahan atas tuduhan penistaan agama.

Baca Juga: Lia Eden, Pimpinan Salamullah Meninggal Dunia

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait