alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gelombang PHK Akibat Pandemi, Loker di Tangerang Justru Makin Sedikit

M Nurhadi Jum'at, 13 November 2020 | 09:12 WIB

Gelombang PHK Akibat Pandemi, Loker di Tangerang Justru Makin Sedikit
Ilustrasi pelamar kerja (Bantenhits)

Sementara lapangan pekerjaan di Kabupaten Tangerang sekarang mulai menyempit lantaran dihantam pandemi saat ini, kata Bayuni.

SuaraBanten.id - Kabupaten Tangerang tengah menghadapi banyaknya pengangguran usai gelombang PHK akibat dampak pandemi Covid-19.

Hal ini dibarengi dengan minimnya tenaga kerja atau angkatan muda dengan keterampilan yang mumpuni. Hal ini ditunjukkan dengan catatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tangerang.

Data tersebut menunjukkan jumlah kelulusan sekolah menengah atas setiap tahunnya mencapai 57 ribu siswa.

Namun, mayoritas lulusan ternyata tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dan memilih untuk langsung terjun bekerja ke beberapa pabrik.

“Sementara lapangan pekerjaan di Kabupaten Tangerang sekarang mulai menyempit lantaran dihantam pandemi saat ini,” kata Kepala Cabang Dinas (KCD) Disdikbud Tangerang Moch Bayuni saat ditemui wartawan, Rabu (11/11/2020).

Bayuni juga menyebut, data tersebut jadi tantangan tersendiri bagi lulusan untuk bersaing dan berkompetisi di dunia industri.

Ia juga mengatakan, lulusan SMA atau sederajat diarahkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Terlebih, data Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, Kabupaten Tangerang menempati rangking pertama jumlah pengangguran terbuka se Provinsi Banten pada Agustus 2020. 

"Tantangan ini harus dijawab generasi muda untuk terus meningkatkan kualitas diri,’” ujarnya melansir Bantennews (jaringan Suara.com).

Meski demikian, ia tetap berpesan agar pelajar SMA di Kabupaten Tangerang bisa belajar dengan giat meskipun sistem pendidikan saat ini masih berlangsung secara daring.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait