Miris, Pria di Pandeglang Sudah 2 Bulan Tinggal di Kandang Kambing

Rizki Nurmansyah
Miris, Pria di Pandeglang Sudah 2 Bulan Tinggal di Kandang Kambing
Sana, warga miskin di Jiput, Kabupaten Pandeglang, Banten, tinggal bersebelahan dengan kandang kambing, Rabu (8/7/2020). [Suara.com/Saepulloh]

"Tinggal di kandang sudah dua bulan, sebelumnya tinggal di rumah tiga tahun," kata Sana, warga Pandeglang.

SuaraBanten.id - Sungguh miris kehidupan Sana (38), warga Kampung Kadu Apus, Desa Babadsari, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Banten. Ia terpaksa tinggal bersebelahan dengan kandang kambing lantaran rumahnya rusak parah.

Sudah dua bulan ia tinggal disitu. Ruangan di pinggir kandang yang kurang dari dua meter persegi itu ia sulap untuk tempat tinggal.

Sana sebenarnya memiliki rumah panggung yang tepatnya di samping kandang kambing tersebut. Hanya saja kondisinya sudah tidak layak huni.

Rumah peninggalan neneknya itu sudah lapuk dimakan usia. Lantai dan dinding yang terbuat dari bambu sudah rusak parah. Begitu pun atapnya yang terbuat dari daun rumbia sudah pada bocor.

"Tinggal di kandang sudah dua bulan, sebelumnya tinggal di rumah tiga tahun. (Tinggal di kandang kambing) karena bocor," kata Sana saat ditemui suarabanten.id di rumahnya, Rabu (8/7/2020).

Sana mengatakan, rumah yang ia sempat tinggali bersama neneknya itu sudah lama rusak dan ia tak mampu memperbaikinya.

Kini ia hanya tinggal seorang diri setelah sang nenek meninggal dunia tiga tahun lalu.

"Rumahnya sudah bocor, gak ada biaya (untuk memperbaiki)," ungkapnya.

Selain terpaksa tidur di kandang kambing, Sana mengambil sisi positif untuk menjaga hewan peliharaannya itu dari pencuri.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS