Tenun Baduy Tercatat Sebagai Kekayaan Intelektual, Bupati Lebak: Ini Penyemangat Kami

Penyerahan sertifikat kekayaan intelektual itu langsung diwakili Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Ballrom Hotel Bidakara Jakarta.

Hairul Alwan
Kamis, 24 November 2022 | 10:56 WIB
Tenun Baduy Tercatat Sebagai Kekayaan Intelektual, Bupati Lebak: Ini Penyemangat Kami
Warga Suku Baduy menenun kain di Kampung Kaduketug, Lebak, Banten, Sabtu (2/10/2021). [ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas]

SuaraBanten.id - Hasil karya Suku Baduy berupa tenun Baduy belakangan sudah tercatat sebagai kekeyaan intelektual komunal dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Penyerahan sertifikat kekayaan intelektual itu langsung diwakili Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Ballrom Hotel Bidakara Jakarta pada acara Roving Seminar Kekayaan Intelektual 2022, Senin (21/11/2022).

Kemenkumham juga memberikan penghargaan kepada mitra kerja yang memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual.

Termasuk juga perguruan tinggi yang mengajukan permohonan hak cipta dan paten paling banyak serta memberikan surat pencatatan hak cipta atas ciptaan Mars Squash Indonesia.

Baca Juga:Puluhan Pelajar SMP Terlibat Tawuran di Ciruas Ditangkap

Penghargaan dan Sertifikat / Surat Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal diberikan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menerima Sertifikat / Surat Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal atas Tenun Baduy dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). [IST]
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menerima Sertifikat / Surat Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal atas Tenun Baduy dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). [IST]

Dengan penghargaan dan sertifikat kekayaan intelektual yang diberikan, Yasonna berharap dapat mendorong dan memotivasi pihak-pihak terkait menghasilkan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual yang memiliki nilai ekonomi dan dapat dikomersialisasikan.

“Saya minta kepada seluruh Kepala Daerah untuk menginventarisasi kekayaan-kekayaan komunal daerah, kemudian jadikan itu menjadi suatu brand daerah, daftarkan nilai kekayaan intelektualnya maka bila sudah terdaftar nilai ekonomisnya menjadi bertambah,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengungkapkan, dirinya sangat bangga karena Tenun Baduy telah tercatat sebagai kekayaan intelektual komunal.

“Suatu kebangaan bagi Kabupaten Lebak dimana Tenun Baduy sudah berhasil terdaftar dalam kekayaan intelektual komunal. Ini sebagai penyemangat kami untuk menginventarisasi potensi kekayaan intektual lainnya yang ada di Lebak,” ujarnya.

Baca Juga:Perampok Kuras Habis Uang di ATM Alfamart Lebak, Warga yang Pergoki Kena Sabetan Sajam

Karenanya, Iti mengajak seluruh pihak termasuk masyarakat Kabupaten Lebak untuk mencintai dan menjaga warisan budaya Kabupaten Lebak, juga berkolaborasi bersama mengembangkan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

News

Terkini

Saat ini Polres Metro Tangerang Kota berhasil mengungkap kasus pencurian tersebut.

News | 06:35 WIB

BRI dianggap mampu menadi role model penerapan ESG.

News | 23:30 WIB

Hal itu membuat Pemerintah Kabupaten Cianjur meminta kepada para donatur untuk tidak menyalurkan bantuan ke lokasi bencana.

News | 22:54 WIB

Berdasarkan data dari BMKG, gempa Lebak Banten tersebut tidak berpotensi tsunami.

News | 22:29 WIB

Pasalnya, saat ini beredar mafia hukum di berbagai institusi Tanah Air.

News | 15:31 WIB

Ibu kandung Shabira Alula atau Lala, Ochi Febrina mengaku khawatir tidak bisa menyeimbangkan kecerdasan dirinya dengan sang anak.

News | 14:56 WIB

Dijelaskan Ade, Kronologi kejadian saat itu almarhum berpamitan ke anaknya untuk berjemur di luar rumah karena sakit asam lambung yang sudah lama diderita.

News | 13:21 WIB

Pemerintah Kabupaten Lebak mengoptimalkan kegiatan sosialisasi pencegahan politik identitas menjelang pelaksanaan Pilpres 2024.

News | 12:38 WIB

Suami Nagita Slavina itu mengumumkan akan membagikan Rp 50 juta untuk netizen dengan ucapan ultah ke Rayyanza terunik.

News | 11:15 WIB

Livy Renata beberapa kali menyindir kebiasaan Deddy Corbuzier memberi pertanyaan menyinggung pada bintang tamu podcastnya sepanjang podcast.

News | 10:15 WIB

Bahkan, Denise menginginkan Ayu dan Regi datang ke podcast milik dirinya, untuk memberikan klarifikasi mengenai soal perselingkuhan.

News | 10:01 WIB

Bagi Livy Renata, cara seperti itu tidak elok dilakukan oleh seorang Deddy Corbuzier.

Lifestyle | 10:00 WIB

Pada kesempatan itu, Al Muktabar berharap Pondok Pesantren Salafi Darunnajah 2 ajarkan agama yang rahmatan lil alamin atau rahmat bagi seluruh alam.

News | 09:23 WIB

Livy mengaku sakit hati lantaran merasa diremehkan oleh YouTuber yang akrab disapa Om Ded itu.

News | 09:02 WIB

Kepopuleran ini berpengaruh ke tarif endorse Alif Cepmek di media sosial. Kira-kira, berapa tarif endorse Alif Cepmek usai viral dengan jargon "Kamu Nanya"?

News | 07:53 WIB
Tampilkan lebih banyak