alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral Disebut Jokowi Oleh-oleh Lebaran, Penjelasan Lengkap Bipang Ambawang

Hairul Alwan Senin, 10 Mei 2021 | 02:15 WIB

Viral Disebut Jokowi Oleh-oleh Lebaran, Penjelasan Lengkap Bipang Ambawang
Bipang Ambawang [Ist]

Bipang Ambawang adalah babi kampung muda berusia 3 sampai 5 bulan yang dipanggang.

SuaraBanten.id - Viral disebut Jokowi oleh-oleh lebaran, warganet perlu tahu penjelasan lengkap Bipang Ambawang. Apa sih Bipang Ambawang? Apa bahan dasar pembuatan Bipang Ambawang?

Bipang ambawang adalah salah satu hidangan khas Kalimantan Barat. Bipang Ambawang adalah babi kampung muda berusia 3 sampai 5 bulan yang dipanggang. Babi panggang ini memiliki kulit yang garing, lemak yang tipis dan daging yang lembut.

Hidangan ini berbahan dasar daging babi kampung muda seberat 10 hingga 20 kilogram yang diolah dengan cara dipanggang di atas arang.

Berat tersebut akan berubah menjadi 3 sampai 7 kilogram usai dipanggang. Berat ini berbeda dengan babi panggang biasa yang bisa mencapai 100 kilogram.

Baca Juga: Jokowi Sebut Bipang Ambawang, Babi Panggang Oleh-oleh Lebaran

Bumbu yang digunakan pun spesial karena diracik khusus oleh Bipang Ambawang. Kuliner ini cukup terkenal di Kalimantan khususnya Pontianak sehingga selalu ramai dikunjungi pembeli.

Bipang ambawang biasa dihidangkan dengan sambal antuha yang berbahan dasar terasi dan perasan jeruk.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebut Bipang Ambawang alias babi panggang oleh-oleh lebaran. Bipang Ambawang merupakan babi panggang khas Kalimantan.

Jokowi sebut Bipang Ambawang bisa dipesan online. Jokowi sebut Bipang Ambawang obati rindu kampung halaman.

Pidato Presiden Jokowi tentang larangan mudik yang menyebut makanan Bipang atau Babi Panggang Ambawang viral dan sedang jadi sorotan.

Dalam video yang viral itu, Presiden Jokowi menyebutkan beberapa nama makanan kas dari berbagai daerah yang bisa dipesan untuk mengobati rindu pada kampung halaman saat Lebaran. Diantaranya ialah Gudeg Jogja, Bandeng Semarang, dan Bipang Ambawang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait