alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masjid Kasunyatan, Terkenal Karena Pekulahan Bekas Wudhu Para Wali

Hairul Alwan Kamis, 15 April 2021 | 13:23 WIB

Masjid Kasunyatan, Terkenal  Karena Pekulahan Bekas Wudhu Para Wali
Masjid Kasunyatan terletak di Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen,Serang [Suara.com/Adi Mulyadi]

"Dulunya itu kan kulah itu tempat wudhu, para wali Allah saat hendak solat, jadi karomahnya begitu besar," kata salah satu Pengurus Masjid, Nurul Falah.

SuaraBanten.id - Masjid Kasunyatan, itulah julukan masjid yang sangat terkenal dengan air kulahnya.

Masjid Kasunyatan berada di Kelurahan Kesunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Bagaimana tidak, salah satu masjid tertua di Banten itu pernah menjadi persinggahan para calon Dewan, calon Wali Kota hingga Menteri samapi artis nasional untuk mandi di pekulahan masjid.

Masjid yang terletak di Lingkungan Kasunyatan Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, di hapit oleh rumah penduduk baik dari sisi kanan dan kiri, air kulah untuk mandinya pun terletak pada depan imam masjid.

Baca Juga: Terbuat dari Kayu, Masjid Tertua di Langkat Ini Masih Berdiri Kokoh

Pantauan SuaraBanten.id, Kamis (15/4/21). Masjid tersebut terletak kurang lebih sejauh 500 meter dari jalan utama Kasemen. Masjid Kasunyatan dihapit oleh rumah penduduk yang sangat dekat dan pemakaman para pejuang dulu.

Saat hendak masuk masjid kita disuguhkan gapura yang begitu besar menunjukan pintu utama masuk masjid. Struktur bangunan dari mesjid Kasunyatan tergolong masih utuh seperti bangunan pada umumnya, namun ada beberapa yang sudah di tambahkan seperti tempat wudhunya, dan jalan dan halaman yang sudah di batako.

Melihat ornamen dalam masjid, masih sangat asli tiang tiang masjid langsung disanggah oleh kayu batangan dari kayu jati. Tempat khotbahnya pun berada tengah sedikit jauh dari dari imam, dan terdapat pedang yang bercagak dua.

Sementara, air kulah yang dipercaya membawa keberuntungan baik mempercepat jodoh, mempercepat rizki, dan keinginan-keinginan sesuai hajat orang yang datang ke air kulah masjid kasunyatan, air kulah itu terletak di hadapan masjid Kasunyatan, dengan ukuran kurang lebih 6x6 meter, dengan memiliki empat sudut pintu.

Nurul Falah, salah seorang pengurus mesjid Kasunyatan mengatakan, masjid Kasunyatan ini terkenal dengan pekulakhannya atau air kulah masjid, karena air tersebut banyak dipercayai orang membawa keberuntungan atau membantu mengabulkan hajat atau keinginan orang. 

Baca Juga: Raffi Ahmad Kenalkan Istri Baru Secara Live, Namanya Yuni

"Dulunya itu kan kulah itu tempat wudhu, para wali Allah saat hendak solat, jadi karomahnya begitu besar," katanya kepada SuaraBanten.id di kediamannya di Link Kasunyatan.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait