alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menkumham Nyatakan Lapas Nusakambangan Penuh, Penjara Akan Diperluas

Hairul Alwan Jum'at, 19 Maret 2021 | 11:19 WIB

Menkumham Nyatakan Lapas Nusakambangan Penuh, Penjara Akan Diperluas
Sejumlah petugas melakukan penjagaan di Lapas Kelas II-A Karanganyar, Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jateng, Kamis (22/8/2019). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/pras.

"Kita sudah mengirimkan ke Nusakambangan 643 bandar narkoba. Akibatnya, sekarang lapas superketat di Nusakambangan sudah penuh," kata Menkumham Yasonna Laoly.

SuaraBanten.id - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia HAM RI menyatakan Lapas Nusakambangan telah penuh dan akan dilakukan perluasan.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Yasonna Laoly Dalam rapat kerja dengan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di kompleks parlemen di Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Kata Yasonna, pihaknya baru mengirim ratusan bandar narkoba ke penjara superketat untuk para bandar narkotik dan obat terlarang (narkoba) di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah itu.

"Kita sudah mengirimkan ke Nusakambangan 643 bandar narkoba. Akibatnya, sekarang lapas superketat di Nusakambangan sudah penuh. Kita akan segera membangun tambahan (penjara superketat) di Nusakambangan," kata Yasonna seperti dikutip dari VoaIndonesia.com (Jaringan Suara.com).

Baca Juga: Kategori Berisiko Tinggi, 643 Bandar Dimasukkan ke Sel Khusus Nusakambangan

Yasonna merinci, sebanyak 99 bandar narkoba dari Jakarta, Yogyakarta (48 orang), Sumatera Utara (54 orang), Banten (46 orang), Bali (18 orang).

Dia mengatakan penjara superketat di Nusakambangan itu langsung penuh, karena satu sel hanya boleh ditempati oleh satu narapidana.

Baru pertama kali ini Kementerian Hukum dan HAM melakukan pemindahan massal para bandar narkoba kelas kakap ke Nusakambangan.

Menkumham Yasonna Laoly

Namun dia tidak mengungkapkan alasan pemindahan besar-besaran tersebut.

Yasonna mengakui ada intervensi dari sejumlah pihak agar beberapa bandar narkoba tidak dikirim ke penjara superketat Nusakambangan.

Baca Juga: Terlibat Peredaran Narkoba, 6 Pegawai Lapas Riau Dipindah ke Nusakambangan

Namun ia tidak menyebut pihak yang dimaksud.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait