alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rute Menuju Gunung Karang Dari Jakarta, Lengkap dengan Perkiraan Ongkos

Pebriansyah Ariefana Senin, 15 Maret 2021 | 15:15 WIB

Rute Menuju Gunung Karang Dari Jakarta, Lengkap dengan Perkiraan Ongkos
Landmark Pandeglang. [Foto: Tangkapan layar Akun Youtube Situ Kumba]

Traveler bisa menuju Gunung Karang menggunakan bus, kereta maupun angkot.

SuaraBanten.id - Weekend kerap kali menjadi waktu yang tepat untuk para pendaki menaklukan tingginya pegunungan. Gunung Karang yang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Banten mungkin salah satu gunung yang wajib ditaklukan para pendaki

Gunung berketinggian 1.778 mdpl ini merupakan gunung berapi tipe B atau gunung yang sudah tidak aktif, meski demikian Gunung Karang tetap memiliki kawah yang masih mengepulkan asap belerang atau gas sulfur.

Kali ini SuaraBanten.id (Jaringan Suara.com) akan mengulas tentang rute perjalanan ke Gunung Karang yang berada di dua wilayah yakni Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten itu dari Jakarta.Ada beberapa pilihan transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju Gunung Karang jika kita memulai perjalanan dari Jakarta. Traveler bisa menuju Gunung Karang menggunakan bus, kereta maupun angkot.

RUTE PERJALANAN

Baca Juga: Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Petani Baros Hingga Hutan dan Gunung Karang

1. Via bus

Traveler bisa naik bus tujuan Kali Deres-Labuan menggunakan bis Murni berwarna dominan Merah atupun Putih atau bis Asli Prima dengan berwarna dominan biru dengan tarif sekira Rp30-35 ribu saat sebelum Pandemi Covid-19.
Namun, saat pandemi tarif bis naik hingga Rp40-50 ribu. Catatan dari SuaraBanten.id sediakan uang pas saat ongkos, karena terkadang kondektur suka mematok ongkos lebih tinggi jika traveler tidak memberikan uang pas.Setelah naik bis, traveler bisa turun di dua pilihan lokasi. Pertama, bisa turun di Pasar Cadasari yang patokannya ada patung badak lalu melanjutkan perjalanan menggunakan ojek melalui Pasir Angin.

Kaki Gunung Karang Banten (Pemprov Banten)
Kaki Gunung Karang Banten (Pemprov Banten)

Kedua, bisa juga turun melalui Pertigaan Cigadung tepatnya di seberang Hotel Horison yang ada tugu Asmaul Husna. Dari situ traveler juga melanjutkan perjalanan menggunakan ojek via Kampung Juhut ke Kadu Engang.Untuk tarif ojeknya, bisa kurang lebih Rp50 ribu atau sesuai kesepakatan penumpang dan ojek. Namun, mengingat jarak yang ditempuh menanjak dan jauh yakni sekitar 10 kilometer tarif ojek di menuju Kadu Engang memang cukup mahal.

2. Via Kereta Api

Traveler bisa naik kereta api dari stasiun Tanah Abang atau dari stasiun manapun yang melayani rute menuju Stasiun Rangkas Bitung. Dari Stasiun Rangkas Bitung traveler bisa menaiki angkot biru tujuan Rangkas Bitung Pandeglang dengan tarif Rp10 ribu dan turun di Pasar Pandeglang.

Baca Juga: Viral Temuan Kepala Patung Candi di Gunung Karang, Peninggalan Kerajaan?

Dari situ, traveler harus naik ojek ke pertigaan Juhut (Alfamart) dengan ongkos Rp5 ribu. Lalu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek di Juhut menuju Kadu Engang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait