Langka! Burung Elang Jawa Ditemukan di Pandeglang, Lokasi Dirahasiakan

Pebriansyah Ariefana
Langka! Burung Elang Jawa Ditemukan di Pandeglang, Lokasi Dirahasiakan
Burung elang Jawa yang diabadikan oleh Roman di pegunungan Pandeglang (Foto : Roman Pendiri sekaligus Ketua Banten Bird Club)

Beberapa jenis burung di Banten hampir punah keberadaannya.

SuaraBanten.id - Perkumpulan Pengamat burung Banten atau Banten Bird Club berhasil mengabadikan momen langka saat mereka melakukan pengamatan burung langka yangdi tanah air. Burung Elang Jawa berhasil di temukan di pegunungan Kabupaten Pandeglang.

Burung yang merupakan salah satu spesies elang berukuran relatif besar yang merupakan hewan endemik di Pulau Jawa. Hewan ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia yaitu Garuda.

Pendiri Club Pengamat burung Banten Roman mengemukakan, ia harus bekerja keras untuk berhasil mengabadikan burung yang ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia, setelah sebelumnya ia berhasil temukan sekitar enam tahun lalu. Peristiwa momen terjadi itu pada 7 Juli kemarin.

Roman enggan menyebutkan lokasi tersebut khawatir akan menjadi ancaman bagi burung tersebut dari pelaku pemburuan.

"Dulu memang saya sempat ketemu 6 tahun lalu saya sempat lihat. Nah setelah ke sini lama gak ketemu. Ketemu lagi baru 7 Juli kemarin," kata Rohman saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (13/7/2020).

Sebelum diabadikan burung yang diperkirakan berukuran tinggi 50 - 60 centimeter dan Lebar 110 sampai 130 centimeter tengah terbang dan hinggap di pohon. Lewat kamera Nikon P 1000 ia berhasil merekam momen langka tersebut.

"Kemudian dia saat terbang dan hinggap ke pohon pakai Nikon 1000 Alhamdulillah bisa teramat,"terangnya.

Elang jawa yang punya nama ilmiah Nisaetus Bartelsi jarang berkelompok saat terbang di alam liar, termasuk burung Elang yang mereka temukan di salah satu gunung di Pandeglang.

"Elang jawa itu tidak berkelompok paling satu dua saja. Yang ini juga kemungkinan pasangan, cuman belum kelihatan baru satu saja," ujarnya.

Di Banten sepanjang pengamatan Roman, Elang Jawa baru ditemukan di Pandeglang, sementara hasil pengamatan seperti di Pulau dua Pandeglang dan rawa danau di Kabupaten Serang hanya terdapat elang jenis lain.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS