Indeks Terpopuler News Lifestyle

Ketimbang Bandara, Pemkab Pandeglang Fokus ke Jalan Tol dan Jalur Kereta

Chandra Iswinarno Selasa, 14 Januari 2020 | 02:50 WIB

Ketimbang Bandara, Pemkab Pandeglang Fokus ke Jalan Tol dan Jalur Kereta
Kantor Setda Kabupaten Pandeglang. [Suara.com/Saepulloh]

Diakuinya, penetapan lokasi bandara tersebut sangat alot karena ditetapkan oleh Gubernur Banten.

SuaraBanten.id - Pemkab Pandeglang menyatakan saat ini lebih fokus mengawal proses percepatan proyek Tol Serang-Panimbang dan reaktivasi rel kereta Rangkasbintung-Pandeglang, ketimbang memikirkan lahan untuk Bandar Udara Banten Selatan (Bandara Bansel)

Pernyataan tersebut disampaikan Asisten Daerah (Asda) II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Pandeglang Indah Dinarsiani.

Indah mengemukakan, pembangunan Tol Serang-Panimbang yang ada di Pandeglang akan memasuki tahap lelang pada Februari mendatang dan reaktivasi Kereta Api Jalur Rangkasbitung-Pandeglang masuk tahapan sosialisasi dan pengukuran.

Dengan demikian, kata dia, akan lebih mendahulukan proyek tersebut, apalagi ada sejumlah lahan yang belum rampung dibebaskan.

"Yang didahulukan jalan Tol (Serang-Panimbang) sama reaktivasi kereta api, kalau udah selesai mungkin ke bandara," kata Indah saat dikonfirmasi di Pandeglang pada Senin (13/1/2020).

Menurutnya, rencana pembangunan Bandara Bansel dulunya sempat dikawal oleh mantan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Namun setelah pergantian kabinet, Indah mengaku belum tahu siapa yang bakal mengawal pada salah satu proyek strategis nasional (PSN) itu nantinya.

"Kemarin yang mengawal itu Menteri Pariwisata Pak Arief, enggak tahu siapa yang mengawal nantinya," ungkapnya.

Dia mengemukakan, rencana sebelumnya, pembangunan bandara akan dibangun di kecamatan Panimbang, namun kemudian dialihkan ke Kecamatan Sobang. Diakuinya, penetapan lokasi bandara tersebut sangat alot karena ditetapkan oleh Gubernur Banten.

"Ada pergeseran lokasi, sehingga Penlok (Penetapan Lokasi) harus dirubah. Penlok itu yang mengeluarkan gubernur," katanya.

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana membangun bandara di Pandeglang. Pemkab Pandeglang diminta menyiapkan lahan calon bandara.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait