facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ajang Pembuktian Shin Tae-yong, Mampukah Timnas Indonesia U-19 Hadapi Kutukan Semifinal Piala AFF U-19?

Hairul Alwan Minggu, 26 Juni 2022 | 11:20 WIB

Ajang Pembuktian Shin Tae-yong, Mampukah Timnas Indonesia U-19 Hadapi Kutukan Semifinal Piala AFF U-19?
Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, sejak 17 Mei 2022 jelang tampil di ajang Toulon Cup di Prancis. [PSSI]

Timnas Indonesia akan bersaing dengan sejumlah kontestan kuat seperti Vietnam, Thailand, dan Myanmar serta dua kontestan lainnya ialah Filipina dan Brunei Darussalam.

SuaraBanten.id - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong dan Skuad Garuda Nusantara bakal menghadapi kutukan panjang di fase semifinal Piala AFF U-19.

Saat ini, tim asuhan Shin Tae-yong itu berada di grup A diharapkan mampu mengahiri kutukan semifinal Piala AFF U-19 itu. Timnas Indonesia akan bersaing dengan sejumlah kontestan kuat seperti Vietnam, Thailand, dan Myanmar serta dua kontestan lainnya ialah Filipina dan Brunei Darussalam.

Harapan besar kini disandarkan kepada juru taktik asal Korea Selatan itu. Timnas Indonesia U-19 bersama Shin Tae-yong bakal menghadapi kutukan yang selama ini menghinggapi timnas Indonesia U-19.

Berdasarkan tiga penampilan terakhir Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-19, Indonesia yang selalu berhasil lolos ke semifinal namun bisa melanjutkan langkahnya ke partai puncak.

Baca Juga: Kocak! Pakai Peci Hitam, Ini Momen Shin Tae-yong Belajar Bicara dengan Bahasa Indonesia

Menurut catatan, Piala AFF U-19 edisi 2017, 2018, dan 2019, skuad Garuda Nusantara tak mampu menembus partai puncak.

Keberhasilan timnas Indonesia U-19 satu-satunya menembus final dan akhirnya berhasil meraih gelar juara terjadi pada Piala AFF U-19 2013. Indra Sjafri saat itu mengarsiteki Evan Dimas Darmono dkk.

Sementara, pada Piala AFF U-19 2017 yang berlangsung di Myanmar, Indonesia yang sukses lolos ke semifinal dengan status juara klasemen akhir Grup B gagal melaju ke final.

Saat itu, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan tumbang dari Thailand di semifinal lewat drama adu penalti dengan skor 2-3 setelah laga waktu normal berakhir tanpa gol.

Saat perebutan posisi ketiga, Indonesia memang sukses menang telak dengan skor 7-1 saat menghadapi Myanmar.

Baca Juga: Shin Tae-yong Fokus Benahi Fisik Pemain Timnas Indonesia U-19, Persiapan Jelang Piala AFF U-19

Pada Piala AFF U-19 2018, juga tak jauh berbeda. Timnas Indonesia U-19 yang saat itu berstatus sebagai tuan rumah penyelenggara justru kalah dari Malaysia di semifinal lewat drama adu penalti.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait