facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pasca Pandemi Kuota Jamaah Haji di Kota Serang Berkurang Drastis, Jumlahnya Cuma Segini

Hairul Alwan Rabu, 25 Mei 2022 | 06:04 WIB

Pasca Pandemi Kuota Jamaah Haji di Kota Serang Berkurang Drastis, Jumlahnya Cuma Segini
ILUSTRASI Jemaah haji. [IST]

Calon jemaah haji yang bakal berangkat dari Kota Serang berkurang drastis bahkan kurang dari 50 persen dari kuota biasanya.

SuaraBanten.id - Tahun ini menjadi tahun pertama pemberangkatan jemaah haji, termasuk jemaah haji dari Kota Serang pasca Pandemi Covid-19 melanda. Namun, sayangnya calon jemaah haji yang bakal berangkat dari Kota Serang berkurang drastis bahkan kurang dari 50 persen dari kuota biasanya.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Serang Syafrudin saat meninjau pelakasanaan pemeriksaan kesehatan jemaah haji di Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Kota Serang, Banten, Selasa (24/5/2022).

Syafrudin mengatakan, jumlah kuota jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini sebanyak 399 orang. Sedangkan calhaj yang hadir dan akan diperiksa sebanyak 369 orang dan dibagi dalam dua hari.

“Jadi 30 orang lagi ini keadaannya belum menentu berangkat atau tidaknya, yang jelas hari ini yang akan diperiksa 202 orang,” ujarnya.

Baca Juga: Pengamat Pertanyakan Regulasi Pelantikan PJ Sekda Banten

Kata Syafrudin, terdapat pengurangan kuota jemaah haji dari Kota Serang tahun ini. Ratusan jemaah ini pertama yang akan berangkat haji setelah diterpa Pandemi Covid-19 di dua tahun terakhir.

“Jumlah keseluruhan itu 399 orang, biasanya itu minimal 1.000, sekarang dikurangi jadi 50 persen kurang,” ujarnya.

Pemeriksaan calon jemaah haji ini dilakukan untuk memastikan kesehatan jemaah sehingga dapat brangkat ke tanah suci dan kembali dalam keadaan sehat pula.

Syafrudin mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan tersebut penting dilakukan, sebab haji merupakan salah satu momentum dan rukun Islam yang diwajibkan satu kali dalam seumur hidup. Karenanya, kesehatannya harus benar-benar dipastikan, sehingga ibadah dapat berjalan lancar.

“Karena sangat sulitnya berangkat haji ke Mekkah, mudah-mudahan warga Kota Serang ini semuanya yang sudah terdaftar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terutama kesehatannya semuanya, mudah-mudahan,” terangnya.

Baca Juga: 2 Penarik Perahu Eretan di Sungai Ciujung Tersengat Listrik, Satu Orang Tewas

Lebih lanjut, Syafrudin pun berpesan kepada seluruh jemaah Kota Serang yang akan berangkat haji untuk selalu menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas fisiknya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait