facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banyak Anggota KKB Kembali ke Masyrakat, Hampir Setahun Tak Ada Gangguan Keamanan

Hairul Alwan Jum'at, 02 Juli 2021 | 07:55 WIB

Banyak Anggota KKB Kembali ke Masyrakat, Hampir Setahun Tak Ada Gangguan Keamanan
aparat TNI Polri menyisir Bandara Aminggaru Ilaga Papua. [ANTARA]

Papua yang mencatat anggota KKB Papua yang kembali ke masyarakat siap membangun kehidupan dan masa depan yang lebih menjanjikan.

SuaraBanten.id - Banyak Anggota KKB Kembali ke Masyrakat, Hampir Setahun Tak Ada Gangguan Keamanan

Baru-baru ini kabar terkait banyak anggota kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB papua kembali ke masyarakat. Anggota KKB kembali ke masyarakat, hampir setahun tak ada gangguan keamanan.

Hal tersebut diungkapkan Polres Mimika, Papua yang mencatat anggota KKB Papua yang kembali ke masyarakat siap membangun kehidupan dan masa depan yang lebih menjanjikan.

Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata mengatakan, karena faktor keamanan, pihaknya tidak bisa membeberkan lebih jauh terkait hal ini.

Baca Juga: Tak Ada Gangguan Keamanan, Kapolres Mimika: Banyak Anggota KKB Kembali ke Masyarakat

"Itu sudah banyak, tapi kami tidak bisa menyampaikannya secara terbuka, karena ini berkaitan dengan keamanan diri mereka dan keluarganya," kata AKBP IGG Era Adhinata, di Timika, Kamis (1/7/2021).

Dalam kesempatan itu Era mengungkapkan upaya merangkul dan mengajak warga yang sempat bergabung dengan KKB Papua kembali ke pangkuan NKRI menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh komponen bangsa, tidak saja aparat TNI dan Polri, tetapi juga pemerintah daerah.

Kata Era, dalam satu tahun terakhir pergerakan KKB Papua di wilayah Mimika, terutama di Distrik Tembagapura dan sekitarnya sudah semakin berkurang.

Sejumlah faksi KKB yang sebelumnya bergabung dan mendatangi wilayah Distrik Tembagapura pada Februari 2020, dipimpin oleh Lekagak Telenggeng sudah kembali ke daerah asal mereka masing-masing.

Kelompok-kelompok itu disebut berasal dari wilayah Ilaga, Intan Jaya, Puncak Jaya, dan Nduga.

Baca Juga: Bongkar Sosok Panutan Ketua BEM UI, Ade Armando Tuding Leon Alvinda Pendukung Teroris

"Tahun lalu sekitar bulan Februari itu ada banyak kelompok KKB yang datang ingin mengganggu Tembagapura, namun aparat berhasil melakukan pencegahan, sehingga mereka kembali ke daerahnya masing-masing. Sudah hampir satu tahun ini tidak ada lagi gangguan keamanan di Mimika, terutama di wilayah Tembagapura," kata AKBP Era Adhinata.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait