alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Manfaat Makan Nasi Merah, Salah Satunya Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Rabu, 26 Mei 2021 | 08:47 WIB

7 Manfaat Makan Nasi Merah, Salah Satunya Mencegah Risiko Penyakit Jantung
Ilustrasi beras merah. (Pexels/Polina Tankilevitch)

Konsumsi nasi merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

SuaraBanten.id - Bukan rahasia lagi jika nasi merah kerap disebut lebih sehat ketimbang nasi putih. Ada sejumlah alasan mengapa Anda disarankan sering mengonsumsi nasi merah.

Melansir dari Healthshots, nutrisi utama dalam beras merah adalah anthocyanin, senyawa yang bisa meningkatkan kesehatan. Beras merah juga punya kapasitas untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan penglihatan, mencegah diabetes serta mengurangi sel kanker.

Beras merah juga punya sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri serta kaya serat, vitamin B1, B2, kalsium, dan zat besi. Berikut sejumlah manfaat nasi merah, antara lain: 

Meningkatkan Kesehatan Kulit 

Baca Juga: Lebih Sehat, Ini 3 Rekomendasi Jenis Makanan Pengganti Nasi Putih

Sifat antioksidan kuat dari anthocyanin bisa menunda munculnya tanda penuaan dini dan kerusakan kulit yang diinduksi UV. Nasi merah juga dikemas dengan mineral dan vitamin seperti zinc hingga zat besi yang membantu menjaga kulit tetap sehat.

Nasi merah. (Shutterstock)
Nasi merah. (Shutterstock)

Dapat menurunkan glukosa darah

Kadar gula darah yang tak terkendali pada diabetes bisa merusak mata, ginjal, hingga menyebabkan penyakit jantung koroner. Indeks glikemik rendah pada beras merah membantu menjaga kadar gula sehingga baik untuk penderita diabetes.

Memerangi asma

Beras merah merupakan sumber magnesium yang bisa membantu meningkatkan pola pernapasan. Selain itu, beras merah dapat meningkatkan konsumsi oksigen dan sirkulasi dalam tubuh yang selanjutnya membantu Anda mengelola asma.

Baca Juga: Benarkah Manfaat Nasih Merah Lebih Besar Daripada Nasi Putih? Ini Faktanya

Bagus untuk kesehatan tulang

Beras merah mengandung kalsium dan magnesium yang penting untuk kesehatan tulang. Konsumsi beras ini juga bisa mencegah radang sendi, osteoporosis, dan penyakit terkait tulang lainnya.

Baik untuk sistem pencernaan

Beras merah merupakan sumber serat yang larut dan tidak larut yang memudahkan gerakan usus dan meningkatkan pencernaan. Serat juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan seperti diare dan konstipasi.

Membantu menurunkan berat badan

Konsumsi nasi merah membuat Anda kenyang lebih lama dan meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga membantu menurunkan berat badan. Kandungan lemak dalam nasi merah adalah nol.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Kehadiran biji-bijian dalam beras merah tentu juga bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Hal itu kemudian turut mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait