alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pulih dari Virus Covid-19, Konsumsi 5 Asupan Ini agar Tubuh Lebih Kuat

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni Senin, 03 Mei 2021 | 15:15 WIB

Pulih dari Virus Covid-19, Konsumsi 5 Asupan Ini agar Tubuh Lebih Kuat
Ilustrasi suplemen dan vitamin. (Shutterstock)

Masa pemulihan usai sempat dinyataan positif Covid-19 membutuhkan perhatian khusus.

SuaraBanten.id - Sebagian pasien yang sembuh dari virus corona Covid-19 mungkin mengalami gejala Long Covid-19. Salah satu gejala yang umum terjadi adalah kelelahan.

Perlu dipahami, pasien dengan gejala virus corona Covid-19 ringan membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk pulih. Sedangkan, sedangkan mereka yang mengalami gejala virus corona Covid-19 sedang hingga berat butuh waktu sekitar 4 minggu.

Namun dilansir dari Times of India, kebanyakan orang pasti akan mengalami kelelahan pada tubuhnya setelah sembuh dari virus corona Covid-19. Dalam situasi ini, mereka mesti menjaga asupan makan yang sehat dan menjaga tubuh tetap terhidrasi supaya lebih cepat pulih.

Kalau Anda atau anggota keluarga termasuk penyintas virus corona Covid-19, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kelelahan setelah sembuh dari virus tersebut.

Baca Juga: Sepi Banget, Cuma 3 Bule ke Bali Selama Maret 2021

Ilustrasi vitamin. (shutterstock)

Multivitamin

Anda bisa mengonsumsi multivitamin, seperti vitamin C dan seng sesuai anjuran dokter. Jangan berhenti minum multivitamin saat Anda sudah terbukti negatif virus corona Covid-19. Minum multivitamin secara teratur ini dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Makan buah-buahan

Pastikan mengonsumsi buah-buahan segar, seperti delima, jeruk, apel dan pepaya. Anda juga bisa memasukkan buah lain yang disukai. Selain itu, direkomendasikan minum jus buah untuk membantu mengatasi kelelahan.

Kalau perlu, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan pada pagi hari dan minum jus buah segar di malam hari untuk menambah asupan konsumsi harian.

Baca Juga: Gagal Mudik, 10 Orang Positif Corona di Terminal Pulo Gebang

Minum susu hangat

Cobalah minum susu hangat dengan kunyit sebelum tidur malam. Minuman ini akan membantu memperkuat tulang dan mengatasi kelelahan tubuh setelah pulih dari virus corona Covid-19.

Makan sayur

Konsumsi sayuran sangat penting untuk tubuh. Pada dasarnya, semua jenis sayuran kaya mineral dan vitamin yang bisa meningkatkan energi.

Konsumsi berbagai jenis sayuran selama makan siang dan malam malam. Anda juga bisa minum jus sayuran, seperti bayam, wortel, tomat atau bit. 

Konsumsi makanan kaya protein dan antioksidan

Makanan kaya protein juga penting dikonsumsi untuk pemulihan yang sehat dan cepat. Cobalah mengonsumsi makanan mudah dicerna supaya tubuh yang masih lemah tak terlalu bekerja keras mencerna makanan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait