alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ikut Garap BL-SEV01, Atenx Katros Sebut Motor Listrik Tantangan Baru

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Kamis, 14 Januari 2021 | 19:19 WIB

Ikut Garap BL-SEV01, Atenx Katros Sebut Motor Listrik Tantangan Baru
Atenx Katros bersama karyanya, sepeda motor listrik berbahan baku Honda BeAT yang dikonversi menjadi motor listrik [Instagram: atenx_andiakbar].

Nama Atenx Katros dan Katros Garage kondang di dunia custom roda dua. Namun menangani sepeda motor listrik, apa katanya?

SuaraBanten.id - Berbicara tentang customizing atau dunia modifikasi roda dua, nama Andi Akbar atau lebih akrab disapa Atenx Katros, founder dari Katros Garage termasuk di antara mereka yang kondang. Akan tetapi, soal menangani proyek atau penggarapan sepeda motor listrik, bisa jadi tantangannya berbeda. Hal ini ia dapati dalam penggarapan Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 atau BL-SEV01 baru saja meluncur lewat virtual launching hari ini, Kamis (14/1/2021).

Meski kerap mengerjakan proyek sepeda motor modifikasi, Atenx Katros menyatakan kesulitannya dalam pengembangan sepeda motor listrik.

Dalam virtual conference yang digelar Universitas Budi Luhur, Atenx Katros menyebutkan hampir seluruh proses pembuatan sulit. Mekanismenya juga baru karena yang dikembangkan adalah motor bermesin non-konvensional.

"Jujur, ini sebuah hal yang baru bagi kami. Bila melihat motornya, semua dibangun dari nol. Mulai sasis, body, sampai bagian kaki-kaki," jelas Atenx Katros.

Baca Juga: BL-SEV01, Sepeda Motor Listrik Karya Universitas Budi Luhur

Andi Akbar atau lebih akrab disapa Atenx Katros, founder rumah modifikasi Katros Garage, saat menggarap sepeda motor listrik BL-SEV01 [Instagram atenx_andiakbar].
Andi Akbar atau lebih akrab disapa Atenx Katros, founder rumah modifikasi Katros Garage, saat menggarap sepeda motor listrik BL-SEV01 [Instagram atenx_andiakbar].

Namun penuh semangat, Atenx Katros dan Universitas Budi Luhur berhasil mengembangkan sebuah sepeda motor listrik yang futuristik. Sumber inspirasinya adalah era digital kekinian.

"Ada beberapa konsep desain, namun yang dipilih motor tipe sport dengan tampilan futuristik. Karena digital sedang berkembang, setidaknya ini bisa merefleksikan kondisi sekarang, dipadu desain modern dan futuristik," tukas lelaki yang berpengalaman menangani modifikasi para tokoh Tanah Air, termasuk milik Presiden NKRI Joko Widodo, serta kedua putranya.

Berbincang spesifikasi, BL-SEV01 didukung motor listrik BLDC 96 volt dan tenaga mencapai 16 kW, didukung baterai 48Ah, serta controller 96 volt 200 Ampere.

Tenaga pasokan dari baterai sepeda motor sanggup diajak melaju sejauh 110 km, dengan sekali pengisian baterai, dan pengisian baterai mencapai empat jam.

Kemudian di sektor desain dipilih model cafe racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport kuat, tangguh, lagi agresif. Pemilihan desain ini disesuaikan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

Baca Juga: Ingin Konversi Motor Listrik, Elbike Siap Membuatnya Makin Keren

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait