alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Recall Karena Sakelar Rem, Yamaha Niken Masuk Daftar

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Kamis, 07 Januari 2021 | 14:54 WIB

Recall Karena Sakelar Rem, Yamaha Niken Masuk Daftar
Yamaha Niken dalam IMOS 2018. Sebagai ilustrasi produk [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Meski rem tidak diaktifkan, lampu produk terdampak recall terus menyala. Membuat pengendara di belakangnya ragu: kapan kendaraan berhenti sungguhan.

SuaraBanten.id - Di antara produk-produk keren Yamaha Motor Corporation, Yamaha Niken termasuk satu di antara yang terkena recall.  Baru saja, diumumkan penarikan kembali atau recall pada sederet model  untuk pasar Amerika Serikat. Persoalannya adalah sakelar rem depan. Adapun model terkena adalah dari tahun produksi 2013 hingga 2020.

Dikutip kanal otomotif Suara.com, jaringan SuaraBanten.id, dari dokumen yang diterbitkan Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional atau National Highway Traffic Safety Administration(NHTSA), Yamaha memperkirakan setidaknya ada sekitar 50 persen dari total 18.203 unit sepeda motor yang sudah dipasarkan.

Yamaha Amerika Serikat menjelaskan dalam laporannya bahwa mereka menerima laporan dari kantor pusat. Yaitu terdapat beberapa model yang harus ditarik kembali.

Disebutkan bahwa pada beberapa model ditemukan "endapan silikon oksida" di bagian sakelar rem depan yang dapat menyebabkan peningkatan resistansi.

Baca Juga: Begini Jadinya Tunanetra Modifikasi Mobil dengan Mesin Yamaha R1, Keren!

Seperti dikutip dari RideApart, adanya endapan pada sakelar rem depan dapat menyebabkan lampu rem tetap menyala meskipun rem depan tidak diaktifkan. Hal Ini juga dapat memengaruhi fungsi dari fitur cruise control dan membuat pengendara tidak bisa menggunakan sistem atau menyebabkan sistem mati sendiri.

Dampak terburuknya, bisa menyebabkan kecelakaan karena pengguna jalan yang berada di belakang kendaraan tidak menyadari kapan pengemudi sedang benar-benar menarik tuas rem. Penarikan kembali akan dimulai 13 Januari 2021.

Yamaha akan menghubungi pemilik yang terkena dampak penarikan melalui surat dan mengundang pemilik untuk mengunjungi dealer Yamaha untuk melakukan perbaikan secara gratis.

Berikut recall Yamaha di Amerika Serikat meliputi model sebagai berikut:

  • Yamaha FJR1300 (2013-2020)
  • Yamaha MT-10 (2017-2020)
  • Yamaha Niken GT (2019)
  • Yamaha Star Eluder (2018-2021)
  • Yamaha Super Tenere (2018-2020)
  • Yamaha Tracer 900 GT (2018-2020)

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Motor Bermesin Bongsor ke Indonesia pada 2020

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait