alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mual-Mual setelah Hubungan Intim? Ketahui 5 Penyebabnya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni Jum'at, 13 November 2020 | 20:50 WIB

Mual-Mual setelah Hubungan Intim? Ketahui 5 Penyebabnya
Ilustrasi pasangan saat bercinta. [shutterstock]

Ada beberapa kondisi yang bisa menimbulkan rasa mual setelah melakukan hubungan intim.

SuaraBanten.id - Orang-orang biasanya akan banyak berkeringat setelah berhubungan seks. Namun, ada juga wanita yang mengalami mual-mual setelah melakukan hubungan intim. Mengapa bisa demikian?

Hal seperti itu sebenarnya jarang terjadi. Meski begitu, Erin Carey, asisten profesor dan direktur divisi Bedah Ginekologi Minimal Invasive University of North Carolina, mengatakan rasa mual setelah berhubungan seks juga bukan masalah yang asing.

Melansir dari Women's Health, dia mengatakan ada beberapa hal yang membuat seorang wanita merasa mual setelah berhubungan seks. Beberapa kasus pun mungkin membutuhkan perhatian dokter.

1. Penetrasi terlalu dalam

Salah satu penyebab paling umum kondisi ini mungkin rasa sakit setelah berhubungan seks. Dr Carey mengatakan penetrasi dalam memanipulasi organ panggul, seperti uterus dan leher rahim.

Penetrasi dalam pada serviks juga menghasilkan respons vagal yang dapat menyebabkan mual. Respons vagal adalah respons otomatis dalam tubuh sebagai akibat dari stimulasi saraf vagus yang menghubungkan otak dengan beberapa area tubuh lain.

Ilustrasi berhubungan seks, bercinta, masalah seksual (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)
Ilustrasi berhubungan seks, bercinta, masalah seksual (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)

2. Kekuatan berhubungan seks

Rasa mual setelah melakukan hubungan intim mungkin juga disebabkan terlalu kuatnya penetrasi. Gerakan penetrasi yang maju mundur terlalu kuat inilah yang dapat menyebabkan rasa mual setelah selesai berhubungan seks.

3. Orgasme

Orgasme juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami mual setelah berhubungan seks. Sebab, rahim berkontraksi selama orgasme bisa menciptakan respons mendalam yang menimbulkan rasa mual.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait