Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sejarah Terungkap! Penelitian Buktikan Umur Kab. Tangerang Sebenarnya

M Nurhadi Rabu, 14 Oktober 2020 | 11:02 WIB

Sejarah Terungkap! Penelitian Buktikan Umur Kab. Tangerang Sebenarnya
Bupati dan DPRD Tangerang saat menggelar rapat paripurna peringatan HUT Kab. Tangerang ke 388. (BantenHits.com/Rifat Alhamidi)

Titi mangsa ini ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Tangerang yang kemudian disahkan dalam Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang Hari Jadi Kabupaten Tangerang, kata Dede.

SuaraBanten.id - Tepat hari ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang berumur 388 tahun. Padahal, tahun lalu, kota tersebut baru berusia 76 tahun.

Seperti diketahi, tahun lalu hari jadi Kabupaten Tangerang pada 26 Desember. Sementara, tahun ini dirayakan tanggal 13 Oktober.

Hal ini merujuk pada catatan sejarah yang disampaikan pada rapat virtual Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tangerang.

Sejarah terbentukanya Kabupaten Tangerang terkuak usai dibacakan dua tokoh Pemuda Berprestasi Pertukaran Pelajar Kabupaten Tangerang Ananda Dwi Saleha dan Dede Zulijaz secara virtual. 

Dalam keterangan itu, pada 13 Oktober tahun 1632, Sultan Banten kala itu memerintahkan kepada tiga arya yakni Arya Wangsakara, Arya Jaya Sentika, dan Arya Maulana Yudhanegara untuk membuka perkampungan baru di antara Sungai Cisadane dan Cidurian.

Titah tersebut kemudian dijalankan, hingga terbentuklah Kesultanan Lengkong Sumedang dengan Arya Wangsakara sebagai sultannya dengan nama Sultan Lengkong. 

“Titi mangsa ini ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Tangerang yang kemudian disahkan dalam Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang Hari Jadi Kabupaten Tangerang,” kata Dede Zulijaz, melansir Bantenhits (jaringan Suara.com).

Wilayah di bawah kekuasaan Aria Wangsakara itu kemudian berkembang pesat hingga memiliki pemerintahan sendiri. Kemudian wilayah Lengkong Sumedang ini dikenal sebagai wilayah Keariaan Tanggerang. Lama kelamaan, Keariaan Tanggeran berubah lafal menjadi Tangerang.

Dengan fakta ini, Pemkab Tangerang menerbitkan Perda Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Hari Jadi Kabupaten Tangerang, yang menetapkan Hari Jadi Kabupaten Tangerang jatuh pada 13 Oktober, bertepatan saat Sultan Banten memperintahkan tiga bangsawan untuk membuka wilayah baru tersebut.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam sambutannya, mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang atas dukungan kepada pemerintah daerah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait