Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Bulan Corona Jadi Pandemi, Lebak Baru Punya Tempat Karantina Pasien COVID

Pebriansyah Ariefana Selasa, 13 Oktober 2020 | 11:55 WIB

8 Bulan Corona Jadi Pandemi, Lebak Baru Punya Tempat Karantina Pasien COVID
Bangunan RS yang terletak di belakang klinik Husada ini akan dipakai Pemerintah Kabupaten Lebak sebagai tempat karantina OTG Covid-19. (BantenHits.com/Fariz Abdullah)

Tempatnya terletak di Jalan Sunan Kalijaga, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

SuaraBanten.id - Pemerintah Kabupaten Lebak baru mempunyai tempat khusus untuk karantina atau mengisolasi pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Sementara pandemi corona di Indoensia sudah menghantui selama 8 bulan.

Tempatnya terletak di Jalan Sunan Kalijaga, Kelurahan Muara Ciujung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Tempat isolasi itu ternyata sebuah bangunan Rumah Sakit (RS) yang belum digunakan lantaran baru saja rampung dibangun.

Letak persisnya terdapat di belakang Klinik Husada Rangkasbitung.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak Triatno Supiono mengaku saat ini tengah menyiapkan beragam fasilitas pendukung untuk memaksimalkan pelayanan kepada para pasien OTG Covid-19.
Targetnya tempat tersebut sudah siap dipakai pada pertengahan bulan Oktober 2020 ini.

“Saat ini kita sedang menyempurnakan fasilitas pendukung, kita targetkan Minggu ini dapat mulai dilakukan pelayanan bagi OTG Covid,” kata Triatno ketika dihubungi bantenhits, Selasa (13/10/2020).

Bangunan RS tersebut dapat menampung sekitar 40 OTG.

Mereka yang akan menjalani karantina yakni pasien dengan kriteria tertentu seperti sempat menjalani isolasi mandiri namum di tempat yang kurang memadai dan satu rumah diisi oleh beberapa OTG.

"Para OTG nantinya akan mendapatkan penanganan kesehatan oleh para tenaga kesehatan, dan juga akan menjalani swab test secara rutin hingga dinyatakan sembuh. Mereka tentunya akan mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal dari 20 tenaga kesehatan yang akan berjaga secara bergantian," tuturnya.

"Kita harap ini akan menekan angka penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Lebak. Kami (Pemkab) Lebak tidak akan bosan-bosan mengajak masyakat untuk menerapkan pola hidup sehat serta 3 M yakni mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker," tambah pria yang akrab disapa Pion ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait