Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Reaktif Covid-19, Tiga Ibu Hamil di Tangerang Beresiko Operasi Cesar

M Nurhadi Rabu, 30 September 2020 | 12:17 WIB

Reaktif Covid-19, Tiga Ibu Hamil di Tangerang Beresiko Operasi Cesar
Ilustrasi ibu hamil (Unsplash)

Karena di puskesmas sini dan di RSUD Kabupaten Tangerang belum memiliki ruangan penanganan khusus untuk ibu hamil. Kalau RSUD Banten memang ada, kata Umi.

SuaraBanten.id - Ada tiga orang ibu hamil di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang reaktif Covid-19 usai menjalani rapid test di puskesmas setempat.

Kepala Puskesmas Pakuhaji Umi Kulsum menyampaikan, merujuk pada hasil skrining awal menyatakan ketiganya reaktif Covid-19.

Apabila nantinya pada hasil swab ketiganya menunjukkan hasil positif Covid-19, maka pasien harus menjalani perawatan secara khusus di RSUD Banten.

“Karena di puskesmas sini dan di RSUD Kabupaten Tangerang belum memiliki ruangan penanganan khusus untuk ibu hamil. Kalau RSUD Banten memang ada,” katanya, Selasa (29/9/2020).

Tidak hanya wajib menalani isolasi di RSUD Banten, lanjut Umi, para ibu hamil ini akan melakukan persalinan melalui operasi cesar jika terkonfirmasi positif Covid-19.

Kondisi tersebut, menurut dia, hanya bisa dilakukan di RSUD Banten yang memiliki ruang operasi kebidanan khusus ibu hamil.

“Di sana sudah tersedia ruangannya. Jadi, ibu hamil yang terpapar Covid-19 dan membutuhkan persalinan melalui operasi, harus dirujuk ke RSUD Banten,” ujarnya, melansir Bantenhits (jaringan Suara.com).

Dikonfirmasi terpisah, Humas RSUD Kabupaten Tangerang membenarkan terkait pusat layanan kesehatan di tempat kerjanya belum bisa menangani ibu hamil yang dinyatakan positif Covid-19.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, RSUD Kabupaten Tangerang tidak memiliki ruang operasi khusus untuk penangan kondisi tersebut.

“Iya betul, kondisinya seperti itu. Jadi memang harus dirujuk ke RSUD Banten,” ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait