Indeks Terpopuler News Lifestyle

KPU Nyatakan Bacawali Cilegon Ratu Ati Marliati Positif Covid-19

Bangun Santoso Rabu, 09 September 2020 | 09:13 WIB

KPU Nyatakan Bacawali Cilegon Ratu Ati Marliati Positif Covid-19
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (Ilustrasi Foto: Antara)

Meski demikian, Ratu Ati Marliati justru menyebut, dari hasil tes swab yang ia ikuti, hasilnya negatif Covid-19

SuaraBanten.id - Bakal Calon Wali Kota Cilegon, Ratu Ati Marliati dikabarkan positif terpapar Covid-19. Hal itu diketahui usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon membacakan hasil pemeriksaan kesehatan melalui uji swab yang telah dilakukan pada hari Kamis (3/9/2020) lalu, di Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) Cilegon.

Ketua KPU Kota Cilegon, Irfan Alfi mengatakan, bahwa berdasarkan keterangan tim pemeriksa kesehatan, terkonfirmasi satu bakal calon kepala daerah yang terdeteksi positif covid-19. Untuk itu, pihaknya telah menyampaikan surat kepada yang bersangkutan untuk melakukan isolasi.

"Hadir di sini Ketua Tim Pemeriksa dan Ketua IDI Kota Cilegon, di sini kami sampaikan bahwa terkait langkah selanjutnya, bapaslon yang bersangkutan atas nama ibu Ati diharapkan isolasi mandiri," ucap Irfan Alfi saat konferensi pers, Selasa (8/9/2020) malam, di kantor KPU Kota Cilegon.

Kendati demikian, Irfan menyatakan, hal itu tidak berpengaruh terhadap pencalonan yang bersangkutan. Dikarenakan bukan satu-satunya kasus yang menimpa bakal calon kontestas di Pilkada Serentak 2020 di Indonesia.

"Kasus ini bukan hanya di Cilegon, tapi di seluruh Indonesia hampir 37 kasus. Ini tidak berimplikasi untuk membatalkan calon," ujarnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan Juknis KPU, jika akan ada fase tahapan untuk beristirahat atau isolasi mandiri sampai kontestan yang akan maju di Pilkada Cilegon 2020 dinyatakan negatif covid-19. Untuk itu, akan ada pemeriksaan lanjutan yang akan dilakukan kepada Ratu Ati Marliati lantaran terkonfirmasi positif covid-19.

Sementara itu, Ketua Tim Pemeriksa Bakal Calon Kepala Daerah Cilegon, Dr Didit Pratigno menambahkan, jika adanya wabah Covid-19 menjadikan kontestasi Pilkada Serentak 2020 menjadi berbeda. Sehingga ia meminta kepada semua pihak untuk lebih menjaga diri agar tidak mudah terpapar Covid-19.

Untuk diketahui, Ratu Ati Marliati maju di Pilkada Kota Cilegon 2020 sebagai bakal calon wali kota. Perempuan yang saat ini menjabat Wakil Wali Kota Cilegon tersebut berpasangan dengan Sokhidin yang menjabat anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi Gerindra.

Ratu Ati Membantah

Hanya selang beberapa jam usai pernyataan KPU Kota Cilegon, Ratu Ati Marliati menegaskan dirinya negatif Covid-19.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait