7 Kecamatan di Kota Bandung Bebas Kasus Positif Corona Aktif

Pebriansyah Ariefana
7 Kecamatan di Kota Bandung Bebas Kasus Positif Corona Aktif
Petugas gabungan memeriksa kendaraan dari luar kota saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Pasteur, Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/4). [ANTARA FOTO/M Agung Rajasa]

Itu berdasarkan kajian Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung.

SuaraBanten.id - Sebanyak 7 kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat dinyatakan bebas dari adanya kasus positif COVID-19 aktif. Itu berdasarkan kajian Pusat Informasi COVID-19 (Pusicov) Kota Bandung.

Ketujuh kecamatan itu yakni Kecamatan Ujung Berung, Kecamatan Bandung Kidul, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kecamatan Bandung Wetan, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Sukasari, dan Kecamatan Cidadap.

"Betul, yang dimaksud bukan bebas dari COVID-19, melainkan tidak ada kasus positif aktif," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara di Bandung, Rabu (15/7/2020).

Sementara itu, di Kecamatan Ujung Berung totalnya ada sembilan kasus positif. Namun kesembilan orang itu sudah dinyatakan sembuh.

Kemudian di Kecamatan Bandung Kidul, dari total enam kasus, lima di antaranya dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia akibat COVID-19.

Lalu di Kecamatan Bojongloa Kidul tidak ada kasus positif aktif karena enam orang sudah dinyatakan sembuh dan dua orang dinyatakan meninggal dunia. Kecamatan Bandung Wetan, semua orang yang pernah positif COVID-19 sebanyak enam orang sudah dinyatakan sembuh.

Kemudian sama dengan Kecamatan Bandung Wetan, di Kecamatan Sukajadi pun seluruh orang yang dinyatakan positif sebanyak 11 orang, sudah dinyatakan sembuh tanpa adanya kasus kematian.

Untuk di Kecamatan Sukasari pun demikian, empat orang yang dinyatakan positif COVID-19, sudah dinyatakan sembuh. Dan di Kecamatan Cidadap juga seluruh orang yang dinyatakan positif COVID-19 sebanyak delapan orang, sudah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, Kecamatan Rancasari yang dinyatakan bebas kasus positif aktif pertama di Kota Bandung sejak masa pandemi, kini ada penambahan tiga kasus positif. Sedangkan pada 3 Juli 2020, sempat tidak ada kasus aktif di kecamatan itu.

"Data dinamis sesuai pelacakan, itulah sebabnya kewaspadaan harus terus dijaga," kata Ahyani.

Di Kota Bandung hingga kini jumlah kasus positif aktif terus menurun. Tercatat per tanggal 14 Juli 2020, ada sebanyak 50 kasus positif aktif, menurun sembilan kasus dibandingkan hari sebelumnya.

Sedangkan jumlah total kasus positif, yakni sebanyak 428 kasus. Sebanyak 337 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 41 orang dinyatakan meninggal dunia akibat COVID-19.

Meskipun terus menurun, ia mengingatkan masyarakat agar tetap berwaspada di fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini karena terdapat mobilitas masyarakat dari berbagai wilayah yang diduga masih ada transmisi penyebaran COVID-19.

"Level kewaspadaan diperlukan agar wilayah paham situasi, karena ada mobilitas masyarakat dari berbagai level," demikian Ahyani. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS