Tips Kulit Glowing Hanya dengan Masker Tomat, Tertarik?

Risna Halidi | Lilis Varwati
Tips Kulit Glowing Hanya dengan Masker Tomat, Tertarik?

Tomat memiliki jenis keasaman yang membuka pori-pori kulit dan membantu mengobati jerawat.

SuaraBanten.id - Memiliki kulit glowing tentu menjadi dambaan para perempuan. Tetapi yang tak jarang dikeluhkan, berbagai produk perawatan wajah terasa mahal demi membuat kulit bersih bersinar.

Padahal perawatan bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di dapur Anda lho. Tomat salah satunya!

Tomat diperkaya dengan vitamin A, C dan K yang sebagian besar bisa ditemukan dalam produk kecantikan. Tomat juga memiliki jenis keasaman yang membuka pori-pori kulit dan membantu mengobati jerawat.

Bahkan dapat digunakan untuk menghilangkan radikal bebas yang mencemari sel-sel kulit yang sehat. Jadi apa salahnya menjadikan tomat sebagai salah satu bahan perawatan alami untuk wajah.

Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, sebagaimana dikutip dari situs Times of India, begini cara lakukan perawatan kulit dengan tomat!

1. Jadikan scrub

Ilustrasi scrub tubuh. (Shutterstock)
Ilustrasi scrub. (Shutterstock)

Anda hanya membutuhkan satu tomat dan satu sendok makan gula pasir. Lalu taburkan gula di atas potongan setengah tomat dan menggosoknya dengan lembut di wajah dengan gerakan memutar. Pastikan Anda fokus terutama pada pipi, dagu, dan hidung karena ini adalah area di mana biasanya terdapat komedo.

Asam dalam tomat dan butiran gula akan membuat wajah mengelupas dengan baik. Anda bisa menggunakannya dua kali seminggu. Bilas semuanya dengan air hangat. Lulur ini juga dapat digunakan untuk jerawat juga komedo putih.

2. Masker jerawat

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Siapkan satu sendok teh jus lemon segar, satu sendok makan tomat yang telah dihaluskan, dan 2-3 sendok makan tepung oatmeal.

Campurkan tomat halus dan jus lemon hingga merata. Kemudian, tambahkan tepung oatmeal secara perlahan. Oleskan masker di wajah Anda dan diamkan selama 15 menit. Masker itu akan bantu membuka pori-pori dan menghilangkan bekas jerawat. Jika Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya tes dulu masker tersebut ke tangan sebelum menggunakannya pada wajah Anda.

3. Masker kulit cerah

Ilustrasi pure tomat. [Shutterstock]
Ilustrasi tomat. [Shutterstock]

Anda membutuhkan satu sendok makan tomat dan dua sendok makan yogurt. Campur kedua bahan hingga tidak ada yang menggumpal. Oleskan campuran itu pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air dingin setelah selesai.

Masker ini akan membantu melembabkan kulit dan mengurangi kulit belang. Sedangkan yogurt membantu melembabkan kulit dan membuat kulit lebih halus dan kenyal seiring waktu.

4. Masker untuk jenis kulit kombinasi

Tips Kulit Glowing Hanya dengan Masker Tomat, Tertarik? - 4

Anda perlu membuat masker dengan campuran tomat dan pepaya. Siapkan 8-10 potongan kecil pepaya dan tomat yang sudah dihaluskan. Campurkan keduanya dengan takaran yang sama.

Setelah itu, oleskan masker ke seluruh wajah dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Masker ini sangat bagus untuk menghilangkan noda dan mencerahkan kulit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS