Imbas Konflik, Menhub Bahas Nasib Bandara di Papua Siang Ini

Bangun Santoso | Mohammad Fadil Djailani
Imbas Konflik, Menhub Bahas Nasib Bandara di Papua Siang Ini
Menhub Budi Karya Sumadi. [Suara.com/Putu Ayu P]

Pembahasan itu juga akan dihadiri sejumlah pejabat dari Papua termasuk gubernur

Suara.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama sejumlah pejabat teras dari Papua akan membahas nasib kondisi bandara di Papua usai konflik horizontal yang terjadi beberapa waktu lalu.

Pembahasan ini akan berlangsung sekitar Pukul 12.00 WIB di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Minggu (13/10/2019).

"Siang ini kita merapatkan kondisi Bandara Jayapura, Wamena, Yahukimo, Fakfak, Rajaampat, Sorong, semuanya kita bahas, nanti ada juga Gubernur Papua dan para pejabat Papua," kata Menhub Budi di Kawasan HI, Jakarta.

Menurut Budi, usai konflik yang terjadi, penerbangan seperti ke Wamena belum normal, meskipun ada beberapa dari maskapai yang sudah mulai beroperasi, namun jumlahnya masih sedikit.

Untuk mengakomodir penerbangan, pemerintah meminta bantuan kepada TNI AU menggunakan pesawat Hercules, untuk mengangkut sejumlah penumpang, yang ingin dan akan kembali ke wilayah tersebut pasca-konflik.

Selain itu dalam rapat nanti juga akan dibahas soal pembangunan infrastruktur Papua, agar pembangunannya dapat menciptakan konektivitas dan pembangunannya dapat meningkatkan perekonomian.

"Kita memastikan konektivitas itu bisa dilaksanakan, kalau bisa dilaksanakan maka pembangunan makin bisa lebih berarti," kata Menhub.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS