Hari Pertama Sekolah, SMPN 1 Mancak Serang Disegel Ahli Waris

Reza Gunadha
Hari Pertama Sekolah,  SMPN 1 Mancak Serang Disegel Ahli Waris
Siswa SMPN Mancak berkumpul di sisi jalan karena sekolah mereka disegel ahli waris. (Bantennews]

Saya sudah di lokasi, sekolah sudah (kembali) dibuka, kata Asep melalui sambungan telepon.

Suara.com - Siswa-siswi baru maupun lama SMP Negeri 1 Mancak, Kabupaten Serang, Banten, sempat tak bisa masuk ke kelas untuk belajar mengajar pada hari pertama masuk usai liburan, Senin (15/7/2019).

Pasalnya, sekolah mereka disegel oleh pihak yang mengakui sebagai ahli waris dari lahan tempat berdirinya bangunan tersebut.

Akibatnya siswa yang semula bersemangat untuk menuntut ilmu di hari pertama itu, tidak bisa masuk dan hanya berbaris di luar sekolah menunggu pihak terkait bisa membuka gerbang sekolah.

Sebelumnya, tahun 2018 aksi penyegelan sekolah juga terjadi. Ahli waris pemilik lahan seluas 6.286 meter persegi tersebut meminta Pemkab Serang melunasi sewa lahan.

Namun, seperti diberitakan Bantennews.co.id—jaringan Suara.com, karena Pemkab Serang menunggak duit sewa, pihak ahli waris menyegel sekolah tersebut.

Ahli waris Aris Rusman nekat menyegel sekolah karena Pemkab Serang, khususnya Dinas Pendidikan Kabupaten Serang tidak memenuhi perjanjian sewa lahan sekolah tersebut.

Lahan tersebut sudah dipakai oleh Pemkab Serang sejak 1984. Pihak Pemkab dan pemilik lahan bersepakat untuk pinjam pakai. Ahli waris saat ini menyewakan lahan tersebut kepada Pemkab Serang.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Serang Asep Nugrahaya Jaya mengaku sudah mendatangi lokasi untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi.

“Saya sudah di lokasi, sekolah sudah (kembali) dibuka,” kata Asep melalui sambungan telepon.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS