Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih di Banten Tembus Rp 48 Ribu per Kilogram

Bangun Santoso
Jelang Ramadan, Harga Bawang Putih di Banten Tembus Rp 48 Ribu per Kilogram
Ilustrasi bawang putih impor di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Selasa (16/5).

Tingginya harga bawang putih di Banten disebut karena kurangnya pasokan dari distributor

Suara.com - Mendekati bulan Ramadan, harga bawang putih di Banten terpantau melejit hingga tembus Rp 48 ribu per kilogram. Penyebabnya diduga karena pasokan bawang putih berkurang di pasaran lantaran pasokan dari distributor yang telat.

"Telat pasokan, karena kita tergantung import, kebutuhan nasional hanya memenuhi 10 persen, 90 persennya import. Import juga kan nunggu mereka (negara importir) panen," kata Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (Disperindag) Banten, Babar Suharso saat ditemui di PIR, Kota Serang, Banten, Selasa (30/04/2019).

Ia menjelaskan, secara nasional, harga bawang putih mencapai Rp 50 ribu. Guna menekan semakin melambungnya harga bawang putih, Disperindag Banten bersama Kementrian Perdagangan (Kemendag) menyalurkan 8 ton bawang putih.

Penyaluran bawang putih melalui operasi pasar akan berlangsung di PIR Kota Serang, Pasar Kranggot Kota Cilegon dan di wilayah Tangerang.

Bawang putih karungan itu, dijual Rp 20 ribu untuk pembeli grosiran dan Rp 30 ribu untuk pembeli eceran.

"Jadi kalau masih ada yang jual Rp 48 ribu, (harapannya) mereka pasti menurunkan. Tapi memang (ketersediaan bawang putih) rebutan semua daerah. Saya berihtiar (dapat) 8 ton," katanya.

Sedangkan bawang putih lokal, dihasilkan dari wilayah Brebes dan Wonosobo, Jawa Tengah. Di mana para petani lokal itu baru saja panen.

Diharapkan tahun 2020 mendatang, produksi petani bawang lokal bisa bersaing dengan produk import dan memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Tapi sekarang sudah mulai menurun (harga bawang), sudah mulai panen. Walau cuaca buruk," imbuh Suharso.

Kontributor : Yandhi Deslatama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS