Dua Kapal Bertabrakan di Selat Sunda, Satu ABK Hilang

Chandra Iswinarno
Dua Kapal Bertabrakan di Selat Sunda, Satu ABK Hilang
Ilustrasi Selat Sunda. [Google]

Satu ABK yang hilang tersebut, diketahui adalah ABK dari KMP WKD bernama Endang Rokh Basuki.

Suara.com - Dua unit kapal dikabarkan bertabrkan di Perairan Selat Sunda Banten pada Senin (22/4/2019). Dalam insiden tersebut, satu anak buah kapal dikabarkan hilang akibat terjatuh ke laut.

Kapal yang bertabrakan tersebut diketahui berjenis kapal motor, KMP Windu Karsa Dwitya (WKD) dan KMP Virgo 18. Kedua kapal tersebut bertabrakan sekitar Pukul 16.32 WIB sore.

Kejadian tersebut berawal saat KMP WKD akan keluar dari Pelabuhan Merak. Namun, kemudian dari arah yang berlawanan datang KMP Virgo 18 yang akan memasuki jalur Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Banten.

"Bahwa KMP WKD tabrakan dengan KMP Virgo 18 diperoleh data satu ABK terjatuh. Kami menduga terjadi benturan dan menyebabkan ABK tersebut terjatuh," kata Kepala Basarnas Banten Zaenal Arifin, Senin (22/04/2019).

Satu ABK yang hilang tersebut, diketahui adalah ABK dari KMP WKD bernama Endang Rokh Basuki. Dia terjatuh ke laut dan masih dalam pencarian oleh Basarnas Banten. Peristiwa nahas tersebut diketahui terjadi di sekitar bridge water Pelabuhan Merak.

Akibat tabrakan itu, buritan Kanan KMP Virgo 18 sobek. Sedangkan KMP WKD mengalami kerusakan di anjungan sebelah kanannya. KMP WKD kemudian disandarkan di Dermaga I Pelabuhan Merak, yang ketika terjadi tabrakan berada pada jarak 1,5 mil laut dari Pelabuhan Merak.

"Proses evakuasi (sedang berlangsung). Khawatir ada kebocoran makanya kita evakuasi," terangnya.

Kontributor : Yandhi Deslatama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS