Siap-siap, Polisi akan Berlakukan Jalur Satu Arah di Serang, Ini Jadwalnya

Bangun Santoso
Siap-siap, Polisi akan Berlakukan Jalur Satu Arah di Serang, Ini Jadwalnya
Ilustrasi jalur satu arah.

Pemberlakukan jalur satu arah itu merupakan uji coba untuk mengurai kemacetan di Kota Serang

Suara.com - Sejumlah ruas jalan di Kota Serang, akan dilakukan uji coba pemberlakukan satu arah pada tanggal 20, 22 dan 23 April 2019. Tujuan utamanya adalah mengurai kemacetan di daerah itu.

"Uji coba satu arah, untuk mengurai kemacetan, khususnya di (daerah perempatan) Kebon Jahe dan khususnya di jam padat," kata AKP Ali Rahman, Kasatlantas Polres Serang Kota, Kamis (04/04/2019).

Ia menyebutkan, ruas jalan yang akan diuji coba satu arah yakni, jalan KH. Abdul Hadi, Jalan Yusf Martadilaga, Jalan KH. A. Khotib, Jalan Ahmad Yani dan Jalan KH. Sochari.

Uji coba itu berlangsung di dua waktu, yakni pagi hari mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

Sedangkan pada sore hari, berlangsung mulai pukul 15.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

"Nanti kita lihat, kita evaluasi selama tiga hari (uji coba). Nanti kita tentukan apakah sudah cocok atau perlu dievaluasi lagi. Nanti Kita di dampingi tim ahli," terangnya.

Rute uji coba satu arah di Kota Serang. (Suara.com/Yandhi Deslatama)
Rute uji coba satu arah di Kota Serang. (Suara.com/Yandhi Deslatama)

Penyebab kemacetan di ruas jalan utama Kota Serang, lantaran hanya ada dua lajur jalan. Ditambah kendaraan yang melintas di jalur itu sangat padat, terutama di jam kantor dan anak sekolah.

Sedangkan untuk menambah lajur jalan, dibutuhkan biaya besar karena sudah banyak bangunan kantor dan pertokoan yang berdiri.

"Kita upayakan dulu dengan rekayasa lalu lintas. Rambu (uji coba) dipenuhi oleh Dishub (Kota Serang). Selama uji coba, kita tempat personil di lokasi uji coba, untuk memberitahu warga yang belum tahu uji coba (satu arah) tersebut," imbuh Ali.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS