Enik Ekawati Rela Jual Ginjal Demi Bayar Hutang Pinjol Anaknya Rp200 Juta, Fakta di Baliknya Bikin Nyesek

Enik Ekawati yang sudah berumur 59 tehun itu duduk di pinggir jalan dan menawarkan ginjal miliknya melalui selembar spanduk bertuliskan Jual Ginjal kepada pengguna jalan.

Hairul Alwan
Kamis, 24 November 2022 | 12:31 WIB
Enik Ekawati Rela Jual Ginjal Demi Bayar Hutang Pinjol Anaknya Rp200 Juta, Fakta di Baliknya Bikin Nyesek
Ibu jual ginjal di pinggir jalan. [Istimewa]

SuaraBanten.id - Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan seorang ibu di Tuban, Jawa Timur bernama Enik Ekawati yang rela menjual ginjalnya demi melunasi hutang pinjaman online (Pinjol) yang jumlahnya mencapai Rp200 juta.

Enik Ekawati yang sudah berumur 59 tehun itu duduk di pinggir jalan dan menawarkan ginjal miliknya melalui selembar spanduk bertuliskan “Jual Ginjal” kepada pengguna jalan.

Perempuan yang bekerja sebagai penjual gorengan ini mengaku terpaksa melakukan hal tersebut karena sang anak yang berinisial H malah memilih kabur dan meninggalkan hutang mencapai Rp200 juta.

Kisah ibu tersebut langsung viral dan menuai berbagai respon dari netizen. Mereka mengaku iba terhadap aksi Enik, di sisi lain tak sedikit yang merasa geram dengan sang anak yang malah kabur. Seperti yang diungkapkan pria dalam video akun TikTok @xeronav.

Baca Juga:Pertimbangkan Lagi! Ini 3 Risiko Menggunakan Paylater Tanpa Melunasinya

"Gue yakin lu gedeg juga sih dengernya, ada seorang ibu di Tuban jual ginjal demi bayar utang anaknya 200 juta. Kalau utang 200 jutanya itu buat modal usaha dan segala macem mungkin masih oke lah ya, ini 200 jutanya itu dari pinjol dan dia ikut-ikut investasi bodong. Dan sekarang yang harus nanggung batunya emaknya, tiap hari tu emaknya diteror," ungkap pria tersebut.

Namun ternyata, tujuan Enik Ekawati menjual ginjal hanyalah ingin anaknya pulang karena merasa rindu. Ia bahkan tak mempermasalahkan hutang tersebut.

"Maknya ini sebenernya gak mempermasalahkan utangnya lebih kepermasalahin anaknya yang berinisial H ini katanya gak pulang-pulang karna kabur. Dan karna maknya kangen akhirnya dia mikir 'oh mungkin dengan cara gue membayar hutang ini anak gua akan balik ke rumah dan bisa tinggal bareng lagi sama gue' sampai berfikir seperti itu," ucap TikTokers dalam video viral itu.

"Jadi tujuan utama dia jual ginjal itu pengen anaknya balik ke rumah bukan karna pengen ngelunasin utang. Ini gila banget anaknya menurut gua, kenapa ? karna ibunya sampai segitunya, saking sayangnya sama anaknya tapi anaknya malah ngerepotin maknya," imbuhnya.

Dalam video tersebut, pria itu juga mengaku kecewa lantaran sang anak berhutang bukan untuk kebutuhan penting melainkan untuk melakukan investasi yang tidak jelas.

Baca Juga:Nyesek! Pria Ini Curhat Chat Tak Dibalas Pujaan Hati, Warganet Sentil Soal Pajero Sport

"Kalau gue liat dari polanya ya, anaknya kan bisa pinjol bisa minjem uang sana-sini gue yakin orang yang teredukasi sebenernya. Cukup mengecewakan, kalau lu pinjol atau minjem duit buat bayar rumah sakit yang mahal mungkin masih oke, gue gak ngerti lagi ini emaknya kasian. Dan masih aja dibelain anaknya sama emaknya walaupun anaknya udah salah," ungkapnya.

News

Terkini

Saat ini Polres Metro Tangerang Kota berhasil mengungkap kasus pencurian tersebut.

News | 06:35 WIB

BRI dianggap mampu menadi role model penerapan ESG.

News | 23:30 WIB

Hal itu membuat Pemerintah Kabupaten Cianjur meminta kepada para donatur untuk tidak menyalurkan bantuan ke lokasi bencana.

News | 22:54 WIB

Berdasarkan data dari BMKG, gempa Lebak Banten tersebut tidak berpotensi tsunami.

News | 22:29 WIB

Pasalnya, saat ini beredar mafia hukum di berbagai institusi Tanah Air.

News | 15:31 WIB

Ibu kandung Shabira Alula atau Lala, Ochi Febrina mengaku khawatir tidak bisa menyeimbangkan kecerdasan dirinya dengan sang anak.

News | 14:56 WIB

Dijelaskan Ade, Kronologi kejadian saat itu almarhum berpamitan ke anaknya untuk berjemur di luar rumah karena sakit asam lambung yang sudah lama diderita.

News | 13:21 WIB

Pemerintah Kabupaten Lebak mengoptimalkan kegiatan sosialisasi pencegahan politik identitas menjelang pelaksanaan Pilpres 2024.

News | 12:38 WIB

Suami Nagita Slavina itu mengumumkan akan membagikan Rp 50 juta untuk netizen dengan ucapan ultah ke Rayyanza terunik.

News | 11:15 WIB

Livy Renata beberapa kali menyindir kebiasaan Deddy Corbuzier memberi pertanyaan menyinggung pada bintang tamu podcastnya sepanjang podcast.

News | 10:15 WIB

Bahkan, Denise menginginkan Ayu dan Regi datang ke podcast milik dirinya, untuk memberikan klarifikasi mengenai soal perselingkuhan.

News | 10:01 WIB

Bagi Livy Renata, cara seperti itu tidak elok dilakukan oleh seorang Deddy Corbuzier.

Lifestyle | 10:00 WIB

Pada kesempatan itu, Al Muktabar berharap Pondok Pesantren Salafi Darunnajah 2 ajarkan agama yang rahmatan lil alamin atau rahmat bagi seluruh alam.

News | 09:23 WIB

Livy mengaku sakit hati lantaran merasa diremehkan oleh YouTuber yang akrab disapa Om Ded itu.

News | 09:02 WIB
Tampilkan lebih banyak