Harga BBM Melambung, Jumlah Penumpang Transjakarta Naik 10 Persen

Penambahan jumlah pelanggan membuktikan lebih banyak lagi warga yang menggunakan transportasi pubik," ujar Anang.

Erick Tanjung | Fakhri Fuadi Muflih
Kamis, 29 September 2022 | 18:49 WIB
Harga BBM Melambung, Jumlah Penumpang Transjakarta Naik 10 Persen
Penumpang menunggu kedatangan bus TransJakarta di Halte Tosari, Jakarta Pusat. [Suara.com/Alfian Winanto]

SuaraBanten.id - Jumlah penumpang Transjakarta meningkat, dalampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Dalam satu bulan terakhir, pengguna angkutan umum berbasis bus itu meningkat 10 persen.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Anang Rizkani Noor mengatakan, pada 26 Agustus terdapat 707 ribupenumpang per harinya. Lalu, angkanya secara bertahap bertambah menjadi 784 ribu pada 26 September dan jadi 792 ribu penumpang pada 28 September.

“Penambahan jumlah pelanggan membuktikan lebih banyak lagi warga yang menggunakan transportasi pubik. Dengan begitu, secara tidak langsung telah berkontribusi pada pengurangan emisi karbon,” ujar Anang dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).

Anang menjelaskan, kenaikan penumpang ini diyakini karena upaya pihaknya memperluas jangkauan layanan. Belakangan Transjakarta membuka sejumlah rute baru, penambahan jam layanan, waktu operasional, serta penambahan jumlah armada.

Baca Juga:BBM Naik, Program Tetangga Bantu Tetangga Salurkan Beras Gratis bagi Warga Bandung

Misalnya dengan melakukan perpanjangan waktu operasional pada rute Kalideres-Gelora Bung Karno (3F), reaktivasi dua rute non BRT dari Bekasi dan Ciputat, reaktivasi rute Puri Beta-Pancoran (13B), hingga Mikrotrans rute Terminal Tanah Merdeka dan Terminal Pulogebang (JAK110).

Apalagi, tarif Transjakarta juga tidak terpengaruh dengan naiknya harga BBM.

“Meski harga BBM naik, tarif Transjakarta tetap Rp3.500 untuk seluruh layanan koridor maupun nonkoridor, Rp0 untuk layanan Mikrotrans dan bus tingkat, serta Rp20 ribu untuk layanan premium Royaltrans,” ucapnya.

Ia menyebut upaya ini sejalan dengan target Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakan akses layanan transportasi umum hingga 95 persen dari cakupan wilayah. Transjakarta mendukung target tersebut dengan menambah dan memperluas akses bertransportasi bagi masyarakat.

“Transjakarta juga melakukan perpanjangan jam layanan operasional hingga 24 jam. Kemudahan ini semoga membantu mobilitas masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga:Pemprov DKI Jakarta Revitalisasi 100 Halte di Tahun Ini

Terkini

Sederet artis yang menikah dengan jarak usia jauh nyatanya terbukti bisa langgeng dan baik-baik saja.

News | 10:10 WIB

Karena keduanya kini semakin dekat, banyak publik yang bertanya-tanya apakah Wulan Guritno sudah mendapat restu dari orang tua Sabda Ahessa?

News | 10:03 WIB

Perayaan ulang tahun cipung yang pertama itu ternyata dirayakan secara sederhana di rumah hanya bersama keluarga tercinta.

News | 09:15 WIB

Fitron menganggap kasus pemalsuan tanda tangan yang dilakukan N bisa diselesaikan secara retorative jaustice.

News | 09:05 WIB

Bintang Emon menyindir sistem tes praktik naik motor untuk Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang terkenal sulit.

News | 08:46 WIB

Dalam prakiraan cuaca hari ini warga diimbau untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di beberapa wilayah Banten.

News | 08:05 WIB

Beberapa teman dan rekan Erina Gudono maupun Kaesang Pangarep bahkan dikabarkan mendapat undangan pernikahan dalam bentu digital. Mau tahu fakta di baliknya?

News | 08:00 WIB

Amanda Manopo dibilang kelewat seksi lantaran belahan dada pada gaun Amanda Manopo terlalu rendah sehingga dinilai tidak sopan untuk menghadiri pernikahan.

News | 07:25 WIB

Setelah pertandingan beralangsung dengan duel ketat Spanyol dan Jerman, laga berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

News | 07:14 WIB

Kiky Saputri berhasil membuat Najwa Shihab terkejut saat melihat kaos yang dikenakan bertuliskan kata-kata yang di luar dugaan.

News | 07:05 WIB

Peristiwa helikopter hilang tersebut pada Minggu (27/11/2022) siang, kini dalam pencarian Polri.

News | 20:48 WIB

Bayi R terpaksa ikut sang ibu tinggal di Rutan Pandeglang karena memiliki penyakit jantung bawaan sejak lahir sehingga tidak bisa dipisahkan dengan sang ibu.

News | 20:17 WIB

Semua kegaduhan itu berawal dari unggahan Wirda Mansur di TikTok. Putri sulung Yusuf Mansur itu terlihat tengah mencoba filter suara Wulan yang hits di TikTok.

News | 16:54 WIB

Sedangkan, siswa yang wafat didominasi jenjang pendidikan sekolah dasar (SD) sebanyak 34 jiwa. PAUD lima jiwa, PKBM dua jiwa dan SMP satu jiwa.

News | 14:27 WIB

Lebih lanjut Dedi mengatakan korban laka lantas dalam minggu ke-3 bulan November.

News | 13:19 WIB
Tampilkan lebih banyak