alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies, Hasil Survei SMRC

Hairul Alwan Rabu, 16 Juni 2021 | 07:46 WIB

Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies, Hasil Survei SMRC
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Dok. Pemprov Jateng)

Ganjar Pranowo ungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

SuaraBanten.id - Ganjar Pranowo ungguli Prabowo dan Anies. Ganjar Pranowo ungguli Prabowo dan Anies berdasarkan hasil survei SMRC atau Saiful Munjani Research Centre.

Ganjar Pranowo ungguli Prabowo Subianto. Ganjar Pranowo ungguli Anies Baswedan berdasarkan hasil survei. Ganjar Pranowo unggul efek Jokowi. Ganjar Pranowo unggul meski tanpa dukungan PDIP.

Berdasarkan keterangan peneliti SMRC, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masish bisa menang Pilpres 2024 meski tanpa PDIP. Hal tersebut terungka[ dalam survei SMRC terkait potensi Ganjar Pranowo di Pilpres dengan skema tanpa dukungan PDIP.

Diketahui, Survei SMRC diselenggarakan akhir Mei dengan populasi nasional 1.220 responden. Responden diwawancarai lewat tatap muka dengan protokol kesehatan. Waktu wawancara dilakukan 21-28 Mei 2021.

Baca Juga: Denny Siregar Soal PKS Buka Peluang Calonkan Ganjar Pranowo: Lucunya Kelewatan

Validitas responden yang diwawancarai yaitu 1.072 atau 88 persen dan inilah yang dianalisis. Sedangkan margin error mencapai 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

Hasil survei itu menunjukkan, kekuatan Ganjar dalam menjaring pemilih pada Pilpres tetap unggul bahkan tanpa dukungan PDIP sekalipun.

Pada simulasi tersebut, SMRC menimbang dukungan pemilih PDIP terhadap tiga nama kandidat capres yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Prabowo.

Hasilnya, Ganjar dengan dukungan PDIP akan mendapatkan dukungan 43,3 persen unggul dari Prabowo dengan 24,4 persen dan Anies dengan 21,7 persen.

Kemudian, dalam simulasi SMRC tanpa menimbang dukungan PDIP terhadap tiga nama itu Ganjar tetap unggul dibanding Prabowo dan Anies.

Baca Juga: PKS Buka Peluang Usung Capres Eksternal, Ganjar Pranowo Berpeluang

Adapun hasil simulasi tanpa dukungan PDIP tersebut, sebanyak 35,3 persen responden tetap memilih Ganjar, 30,8 persen pilih Prabowo dan 25,5 persen pilih Anies. Sementara sisanya yakni 8,4 persen tidak menjawab.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait