alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil MAN Insan Cendikia Serpong, MA Terbaik se-Indonesia, Digagas BJ Habibie

Pebriansyah Ariefana Senin, 07 Juni 2021 | 13:18 WIB

Profil MAN Insan Cendikia Serpong, MA Terbaik se-Indonesia, Digagas BJ Habibie
MAN Insan Cendikia Serpong (Kemenag)

Kabar ini bisa jadi pertimbangan untuk mengikuti PPDB Provinsi Banten.

SuaraBanten.id - Profil MAN Insan Cendikia Serpong jadi Madrasah Aliyah terbaik se-Indonesia atau MAN terbaik se-Indonesia. MAN Insan Cendikia Serpong nomor 2 SMA/SMK/MA se-Indonesia. Kabar ini bisa jadi pertimbangan untuk mengikuti PPDB Provinsi Banten.

Hal itu berdasarkan peringkat Rerata Nilai UTBK tahun 2020.

Sekolah yang berlokasi di Jalan Cendekia, BSD Sektor XI, Serpong Kota Tangerang Selatan, Banten. MAN Insan Cendikia Serpong menerapkan prinsip keseimbangan antara penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa.

Tak heran alumni sekolah ini bisa diterima di perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dirangkum suarabanten.id dari berbagai sumber berikut profil MAN Insan Cendikia Serpong, sekolah terbaik se-Indonesia di Banten.

Baca Juga: 6 Perumahan di Serpong dan Jakarta Terjangkau Jaringan Internet 5G Telkomsel

Dikutip dari situs resmi sekolahnya, kehadiran MAN Insan Cendikia Serpong tak lepas dari peran Presiden Indonesia ketiga, BJ Habibie.

Pada tahun 1996 atas ide dari Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J. Habibie yang saat itu menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) menggagas ide sekolah yang menyelaraskan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan pesantren.

MAN Insan Cendikia Serpong
MAN Insan Cendikia Serpong

Kemudian Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) mendirikan Magnet School cikal bakal SMU Insan Cendekia di Serpong melalui program IPTEK Science and Technology Equity Program (STEP) bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren. Selain di Serpong BPPT juga mendirikan sekolah yang sama di Gorontalo.

Pada tahun pelajaran pertama tepatnya pada 1996, penerimaan siswa SMU Insan Cendekia diprioritaskan menerima siswa Sekolah Menengah Umum dan Madrasah Aliyah untuk kelas satu dan siswa-siswi lulusan sekolah menengah pertama dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) berprestasi yang berasal dari pondok pesantren dan sekolah Islam lainnya.

Setahun kemudian sekolah ini memberikan kesempatan kepada siswa SMP umum MTs baik negeri maupun swasta. Sejak tahun pelajaran 2000 dilimpahkan pengelolaannya oleh BPPT kepada Departemen Agama RI.

Baca Juga: Perumahan Alam Sutera dan BSD Tersedia Jaringan Internet 5G, Cek Daerahnya di Sini

Pada tahun 2001, dengan SK Menteri Agama RI, Nomor 490 Tahun 2001 MA Insan Cendekia Serpong, bersamaan dengan Gorontalo berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Gorontalo dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait