alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Penyebab dan Solusi Bau Mulut Saat Pakai Masker Saat Ramadhan

Hairul Alwan Selasa, 27 April 2021 | 17:15 WIB

7 Penyebab dan Solusi Bau Mulut Saat Pakai Masker Saat Ramadhan
ilustrasi masker (stocksnap.io)

Saat berpuasa tentu bisa menyiksa kita jika tercium bau tak sedap dari masker yang dipakai. Agar hal tersebut tidak tidak terjadi, kita harus tahu apa yang menjadi penyebabnya

SuaraBanten.id - Saat menjalani ibadah puasa Ramadhan di tengah pandemi,tentu sejumlah protokol kesehatan harus tetap dijalankan dengan baik. Salah satunya yakni memakai masker jika bepergian keluar rumah.

Namun, saat berpuasa tentu bisa menyiksa kita jika tercium bau tak sedap dari masker yang dipakai. Agar hal tersebut tidak tidak terjadi, kita harus tahu apa yang menjadi penyebab dan solusi.

Perhatikan tips kesehatan ketika berpusa di masa pandemi kali ini. Ternyata ada beberapa penyebab mengapa tercium bau mulut tak sedap saat memakai masker di bulan Ramadhan.

Ortodontis dan dokter gigi secara khusus memperingatkan untuk berhati-hati atau menjaga kebersihan mulut pada Ramadan ini karena pemakaian masker yang terus menerus di tempat kerja dapat memperburuk penumpukan bakteri di rongga mulut.

Baca Juga: Kisah Mualaf drg Carissa Grani: Dianiaya Hingga Suami Ancam Bunuh Anak

“Saat Anda memakai masker dalam waktu lama, mulut cenderung kering. Dengan kedua hidung dan mulut terlindung di belakang kain, orang cenderung lebih sering membuka mulut [untuk bernapas], yang menyebabkan peningkatan kekeringan,” jelas seorang dokter gigi dan spesialis ortodontis di Prime Health Care Group, Sanjay Jyothish, melansir dari Gulfnews, Minggu (25/4/2021).

Pemicu bau mulut tak sedap selama Ramadan dengan jam puasa yang panjang tanpa air, terjadi dehidrasi dan pemicu lebih banyak kekeringan. Air liur di mulut kita menetralkan asam tetapi memakai masker mengurangi produksi air liur. Oleh karena itu, tingkat Ph rongga mulut kita menjadi tidak seimbang.

Nah agar tak menimbulkan bau mulut tak sedap saat bermasker ria di Bulan Puasa, berikut ini tips menjaga kebersihan mulut yang optimal seperti melansir Solopos.com-Jaringan Suara.com, Minggu (25/4/2021):

1. Selesaikan masalah gigi
Masalah gigi bisa jadi pemicu bau mulut tak sedap. Menurut dokter spesialis ortodontis estetika di Klinik Dermalase, Jumeirah, Chandan Bagde, masyarakat perlu mewaspadai kebersihan mulut sebelum Ramadan. “Jika Anda menderita masalah gigi seperti gigi berlubang atau gigi sakit yang membutuhkan pencabutan atau saluran akar disarankan untuk menyelesaikannya terlebih dahulu.”

2. Hindari kafein selama sahur
Agar terhindar dari bau mulut tak sedap, seseorang harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi saat sahur di waktu subuh.

Baca Juga: Masjid Cikoneng: Saksi Kekejaman Belanda Memberondong Jemaah Salat Jumat

“Banyak orang muda yang pola tidurnya berubah, biasanya cenderung tetap terjaga sampai dini hari. Untuk melakukan ini, mereka mengonsumsi kopi secara berlebihan atau minuman kafein lainnya. Tapi kopi tidak hanya membuat dehidrasi tetapi juga bersifat asam. Jadi, konsumsi kopi yang berlebihan akan memicu dehidrasi yang lebih besar, mengganggu keseimbangan Ph mulut Anda, menyebabkan lebih banyak bakteri menumpuk dan dengan masker semua masalah ini akan diperbesar berkali-kali lipat,” papar Jyothish.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait