alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Memilih Sepatu Olahraga Lari, Basket Hingga Futsal

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi Senin, 01 Maret 2021 | 17:28 WIB

Cara Memilih Sepatu Olahraga Lari, Basket Hingga Futsal

Dokter Spesialis Kedokteran OlahragaGrace Joselini Corlesa mengingatkan sebelum membeli sepatu untuk berolahraga, pastikan lebih dulu apa jenis olahraga yang dilakukan.

SuaraBanten.id - Peralatan dan perlengkapan olahraga sangat dibutuhkan untuk menunjang dan memaksimalkan hasil yang diperoleh dari olaharaga.

Termasuk sepatu yang tepat akan memaksimalkan target, dan menurunkan risiko cedera saat berolahraga.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Grace Joselini Corlesa, Sp.KO mengingatkan sebelum membeli sepatu untuk berolahraga, pastikan lebih dulu apa jenis olahraga yang akan dilakukan.

"Jadi memang cedera ada faktor luarnya seperti pemilihan sepatu. Contoh pemilihan sepatu harus berdasarkan apa olahraganya," ujar dr. Grace dalam cara Webinar RS Pondok Indah Group beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Perbedaan Penyebab dan Cara Mengatasi Mual dan Muntah

Ia kemudian membandingkan antara sepatu untuk olahraga basket dan lari yang akan berbeda, mengikuti mayoritas gerakan yang dilakukan saat berolahraga.

"Tentunya kenapa ada sepatu yang berbeda karena disesuaikan dengan bentuk angkelnya, bentuk telapaknya, bentuk tinggi sepatunya mengikuti gerakan dalam olahraga yang berbeda," ungkap dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya itu.

Misalnya pada sepatu lari yang tidak memerlukan banyak gerakan melompat, dan cenderung berfokus pada gerakan lurus ke depan. Maka biasanya desain sepatunya butuh yang bisa meredam bagian belakang telapak kaki.

"Biasanya belakangnya karena butuh redamannya itu lumayan empuk, jadi belakanganya agak sedikit lebih tinggi," kata dr. Grace.

Selanjutnya untuk sepatu basket carilah yang bisa menunjang gerakan lompatan dan berputar. Maka, bagian kanan kiri sepatu ada bantalan yang lebih empuk untuk menjaga kaki dari cedera.

Baca Juga: Enam Pemain Cedera, Shin Tae-yong: Enggak Biasa Latihan Berat, Jadi Kaget

Begitu juga dengan sepatu sepak bola dan futsal akan berbeda, karena mengikuti kondisi lapangan apakah berupa tanah dengan rumput atau lapangan dari semen yang halus pada olahraga futsal.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait