alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ke Pantai Gratisan dan Santap Rabeg, Cara Warga Cilegon Libur Tahun Baru

RR Ukirsari Manggalani Sabtu, 02 Januari 2021 | 18:58 WIB

Ke Pantai Gratisan dan Santap Rabeg, Cara Warga Cilegon Libur Tahun Baru
Merayakan Tahun Baru 2021 di Pantai Tanjung, Cilegon, sembari bersantap rabeg dengan anggota keluarga [Suara.com/Ahmad Haris].

Cara warga pelesir ini memang "niat". Karena mereka menyiapkan hidangan kambing, khusus dari rumah.

SuaraBanten.id - Sebagian warga Cilegon memanfaatkan libur tahun baru 2021 (1/1/2021) adalah piknik ke pantai tak berbayar atau bisa masuk gratisan seperti Pantai Tanjung alias Pantai Peni, di Kawasan Industri Estate Cilegon (KIEC). Sembari bercengkerama dengan keluarga atau teman di tepi panati, mereka akan membuka bekal untuk menikmati rabeg, kuliner khas Banten yang dibuat dari rumah masing-masing.

Contohnya keluarga Iin dari Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon. Mereka berbekal rabeg untuk disantap beramai-ramai alias bancakan, di pinggir pantai.

Sebagai hidangan khas Banten, rabeg disebut-sebut telah eksis sejak zaman Kesultanan Banten dahulu. Berupa olahan daging kambing yang diracik dengan aneka rempah kuat, inilah salah satu jenis hidangan favorit di Banten.

Hingga kini, olahan rabeg masih bisa dijumpai di tengah-tengah masyarakat Kota Cilegon, Serang dan sekitarnya.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Motor Bermesin Bongsor ke Indonesia pada 2020

Rabeg khas Banten. (Dok. Bango)
Rabeg khas Banten [Dok. Bango].

"Kami ke sini beramai-ramai sekeluarga, naik mobil pickup. Bancakan rabeg, nasi liwet dan kerupuk. Disantap di pinggir laut itu enak. Beda dibandingkan dinikmati di rumah. Di sini lebih nikmat sambil menikmati pemandangan laut," ungkap Iin.

Selain menikmati rabeg di pantai, pengunjung juga tampak asyik bermain air di pantai.

Usman, pengunjung asal Langon, Kecamatan Pulomerak menyatakan senang bisa menghabiskan waktu libur tahun baru di Pantai Tanjung.

"Kalau ke Anyer jauh, macet biasanya. Mending di sini, bareng keluarga, paket hemat sambil bakar-bakar," ucap Usman yang sehari-hari bekerja sebagai buruh pabrik di Kota Cilegon.

Pantai Tanjung memang telah menjadi kawasan wisata cuma-cuma bagi warga Cilegon. Di sini bisa ditemukan pula nelayan mencari ikan. Perahu mereka dalam jumlah puluhan bisa ditemukan tengah bersandar di sini.

Baca Juga: Pergantian Tahun Baru 2021, Wali Kota Cilegon Sebut Minim Kerumunan Massa

Bangunan pabrik industri berat, dengan cerobong asapnya yang menjulang tinggi turut menjadi "hiasan" pemandangan di bagian selatan pantai itu.

Jika hari sedang cerah, pegunungan di Kota Cilegon, hingga Gunung Karang (gunung tertinggi di Provinsi Banten) di Kabupaten Pandeglang menjadi pemandangan indah yang terlihat dari sini.

Di sebelah barat dan utara, terlihat kapal-kapal ferry hilir-mudik di perairan Selat Sunda. Moda transportasi itu biasanya mengangkut penumpang dari Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, menuju Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan.

Tidak sebatas ferry, kapal-kapal kargo dari luar negeri juga sering tampak berseliweran di Perairan Selat Sunda. Serta bersandar di Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dan Pelabunan Krakatau Bandar Samudra, yang terletak di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Kontributor : Ahmad Haris

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait