alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Menguliti Jok Mobil, Pastikan Side Airbag Tidak Diutak-atik

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan Rabu, 30 Desember 2020 | 19:22 WIB

Ingin Menguliti Jok Mobil, Pastikan Side Airbag Tidak Diutak-atik
Ilustrasi jok mobil. [Shutterstock]

Agar jok mobil makin nyaman, banyak pemilik yang mengganti material pelapisnya. Perhatikan dengan cermat, bila tempat duduk ini dilengkapi fitur pemanas serta airbag samping.

SuaraBanten.id - Dalam istilah dunia otomotif, menguliti adalah aktivitas melapisi jok mobil dari material asli yang dianggap biasa atau kurang nyaman menjadi berbalut kulit nan keren.  Penggantian ini biasa dilakukan, agar pengemudi dan penumpang semakin nyaman saat berkendara. 

Salah satu alasan pengubahan lainnya adalah upgrade ke bahan kulit asli atau sintetis supaya tampilannya tidak gampang kotor.

Kendati demikian, sebelum melapis jok ada hal yang harus diperhatikan.

Untuk mobil yang memiliki side airbag dan pemanas atau pendingin jok, pastikan bahwa pelapis jok tidak menggangu fitur ini. Pasalnya, kesalahan dalam melapis jok bisa merusak fitur-fitur yang tertanam didalamnya.

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Pasar Mobil Bekas Online Bertahan dalam Pandemi 2020

side airbag, andalan penumpang jok belakang. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Side airbag, andalan penumpang jok belakang. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Dipetik dari kanal otomotif Suara.com, jejaring SuaraBanten.id, yang mengutip laman Mobil88, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melapis jok agar tidak merusak fitur pada jok.

Tips agar jok memenuhi kriteria tidak merusak fitur yang tertanam di dalamnya:

Jahitan jok harus rapi dan mengikuti pola airbag samping

  • Di setiap jok mobil yang memiliki side airbag tentu memiliki knock cover atau tempat keluarnya airbag. Jika ingin melapis ulang bahan pelapis jok haruslah dijahit dengan pola double stitching yang sangat rapi alurnya dan harus mengikuti pola dari airbag samping.
  • Selain itu, dalam pemasangannya tidak boleh menutupi knock cover dari side airbag sendiri, agar fungsi airbag samping dapat keluar tanpa terhalang apabila terjadi insiden kecelakaan.

Pemasangan lapisan jok tidak boleh mengganggu kelistrikan jok

  • Jok yang memiliki side airbag, pemanas dan pendingin tentu memiliki sistem kelistrikan sendiri. Oleh karena itu ketika ingin melapis ulang jok mobil yang memiliki fitur-fitur ini pastikan pemasangannya tidak mengganggu kabel kabel atau elemen pemanas yang ada di jok.
  • Tujuannya supaya setiap fungsi jok tidak terganggu dan menimbulkan malfungsi di kemudian hari.

Perhatikan pori-pori pelapis pada jok berpendingin

  • Pastikan bahan pelapis yang bakal digunakan memiliki lubang pori-pori yang cukup. Lubang pori ini berfungsi sebagai tempat keluarnya angin pendingin dari jok yang berguna untuk mendinginkan punggung dan kaki penumpang.
  • Apabila pelapis jok yang ingin dipasang tidak memiliki lubang pori-pori tentu saja akan merusak fungsi pendingin ini karena angin tidak dapat keluar dari jok.

Percayakan kepada bengkel spesialis

Baca Juga: Kaleidoskop Oto: Skutik 2020, Yamaha dan Piaggio Rajin Isi Pasar Nasional

  • Pemasangan lapisan jok pada mobil-mobil yang memiliki fitur-fitur ini tentu saja hanya bisa dihandle bengkel spesialis.
  • Bengkelspesialis interior yang bisa menghandle mobil ini biasanya sudah terbiasa melayani mobil Eropa atau mobil high-end yang memiliki fitur-fitur ini. Tentu saja cara kerjanya berbeda dengan bengkel interior biasa karena adanya berbagai fitur canggih di dalam jok yang membuat pengerjaannya menjadi lebih rumit.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait