alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bersama Pinangki, Andi Irfan Jaya Terbang ke Malaysia Temui Djoko Tjandra

Erick Tanjung | Yosea Arga Pramudita Rabu, 18 November 2020 | 15:17 WIB

Bersama Pinangki, Andi Irfan Jaya Terbang ke Malaysia Temui Djoko Tjandra
Tangkap layar video Andi Irfan Jaya, tersangka baru kasus dugaan gratifikasi jaksa Pinangki. (Suara.com/Arga)

Andi Irfan bertolak ke Malayasia pada 25 November 2019 bersama Pinangki Sirna Malasari dan Anita Kolopaking dalam satu pesawat.

SuaraBanten.id - Eks kader partai Nasdem, Andi Irfan Jaya kembali diperiksa sebagai terdakwa kasus gratifikasi kepengurusan fatwa Mahkamah Agung/MA dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2020). Dalam sidang kali ini Jaksa Penuntut Umum atau JPU menghadirkan empat orang saksi.

 Andi Irfan Jaya dihadirkan di ruang persidangan. Berbeda dengan sidang sebelumnya, yang saat itu Andi Irfan hanya hadir secara virtual dari Rumah Tahanan KPK.

Salah satu saksi yang dihadirkan adalah Oki Zuheimi Manager Station Automation System PT Garuda Indonesia. Dalam sidang, Oki menyebutkan jika Andi Irfan bertolak ke Malayasia pada 25 November 2019. Saat itu, dia berangkat bersama Pinangki Sirna Malasari dan Anita Kolopaking dalam satu pesawat.

Oki menyebut, nama Andi Irfan tercatat dalam sistem tiket penumpang Garuda. Bersama Pinangki dan Anita, Andi Irfan menumpangi pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 820 dan GA 821 saat pulang ke Tanah Air pada 26 November 2019.

"Di sini kan tercatat Andi Irfan Jaya GA 820 flight date 25 November 2019, time flight 08.30 WIB, Pinangki Sirna Malasari sama, Anita Dewi Kolopaking juga sama. Itu dengan pesawat yang sama?" tanya JPU.

"Kalau dia nomor pesawat sama, berarti dengan pesawat yang sama," jawab Oki.

Saksi lain bernama Herunata Joseph selaku Manager Fraud Prevention PT Garuda Indonesia menyebut, sosok Pinangki membayar tiket pesawat atas nama Andi Irfan dan Anita. Pinangki membayar tiket melalui kartu kredit, data itu tersimpan di data reservation ticket Garuda Indonesia.

"Dari list yang sudah diberikan, ditemukan salah satu reservasi di channel online mobile application yang saat ini Pak jaksa tanya, keberangkatan GA 820, kembali ke Indonesia GA 821, pergi 25 kembali 26 November 2019, pembelian diilakukan melalui mobile aplication dan dibayar oleh credit card," kata Herunata.

Lebih lanjut, Heru memaparkan bahwa Pinangki memesan tiket pesawat untuk keberangkatan ke Malaysia atas nama dirinya sendiri, Anita Kolopaking, dan Andi Irfan Jaya. Kata dia, tiket yang dipesan Pinangki adalah bussiness class.

"Nama penumpang saat itu adalah Pinangki Sirna Malasari, Andi Irfan Jaya, dan Anita Dewi Kolopaking. Untuk penerbangan itu untuk di bussiness class yang mulia," bebernya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait