Bupati Iti Jayabaya Target 3 Bulan Bangun Jembatan Rusak di Lebak

Pebriansyah Ariefana
Bupati Iti Jayabaya Target 3 Bulan Bangun Jembatan Rusak di Lebak
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya. [Suara.com/Deni]

Termasuk jembatan yang menghubungkan Sajira-Muncang-Leuwidamar, Sobang-Cibeber.

SuaraBanten.id - Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya yakin perbaikan jembatan yang rusak bisa rampung dalam dua sampai tiga bulan. Jembatan itu rusak karena banjir bandang di Lebak.

Banjir bandang dan tanah longsor yang melanda sebagian wilayah Lebak mengakibatkan 28 jembatan rusak. Termasuk jembatan yang menghubungkan Sajira-Muncang-Leuwidamar, Sobang-Cibeber.

"Kita optimistis tiga bulan ke depan jembatan yang rusak berat itu rampung berdasarkan kesanggupan pembangunan yang akan dilaksanakan Kementerian PUPR," katanya di Lebak, Senin (13/1/2020).

"Kami minta warga bersabar dan dipastikan tiga bulan ke depan kondisi jembatan sudah bisa dioperasikan," lanjut dia.

Perbaikan jembatan penghubung antarkecamatan dan antardesa yang rusak menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Lebak dan Pemerintah Provinsi Banten. Selain itu, Bupati mengatakan, pemerintah daerah akan mengupayakan bantuan stimulan dari pemerintah pusat bagi warga yang rumahnya rusak akibat banjir dengan nilai bantuan per unit rumah rusak Rp50 juta untuk rumah rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp10 juta untuk rumah rusak ringan.

Pemerintah daerah, menurut dia, juga akan mengupayakan warga Kabupaten Lebak yang lahannya terdampak proyek Waduk Karian mendapatkan ganti rugi.

"Kami menargetkan tiga bulan ke depan para warga korban bencana banjir bandang dan longsor bisa kembali hidup normal juga ekonomi pulih," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS