Kemenhub Bersiap Kembangkan Transportasi Kereta Api dan Bandara di Banten

Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
Kemenhub Bersiap Kembangkan Transportasi Kereta Api dan Bandara di Banten
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Suara.com/Ria Rizki)

Selain mengembangkan jalur kereta dan bandara, Kemenhub juga akan mengembangkan pelabuhan di daerah itu

SuaraBanten.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan jalur kereta api akan diperluas di Provinsi Banten. Selain kereta api, Kemenhub juga akan mengembangkan bandara di sejumlah daerah tersebut.

Budi menerangkan bahwa pihaknya sudah membangun jalur double track hingga ke Rangkasbitung. Menurutnya jalur kereta api tersebut akan membangunkan perekonomian di daerah itu.

"Kita sudah membuat kereta api double track dan pakai elektrifikasi sampai ke Rangkasbitung dan itu membuat ekonomi di Maja, Rangkasbitung tumbuh sekali," kata Budi di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2020).

Untuk meningkatkan jalur transportasi kereta api di Banten, Budi mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya akan membangun jalur ke Serang bahkan ke Merak. Ia menyebut sebetulnya sudah ada yang berfungsi tetapi akan lebih ditingkatkan kembali.

Lalu, Kemenhub juga akan mengaktifkan jalur kereta api menuju Labuhan dan Pandeglang.

"Itu kita akan aktifkan untuk reaktivasi sehingga masyarakat Lebak, Pandeglang, Serang itu bisa berinteraksi menggunakan kereta api," ujarnya.

Untuk transportasi udara, Budi mengatakan akan ada bandara yang dikembangkan di sana yakni bandara di sekitar Penjo.

"Itu akan kita kembangkan sebagai salah satu Bandara penyangga Jakarta," kata dia.

Lalu pihaknya juga akan mengembangkan bandara-bandara yang berskala besar di sekitar Banten.

Selain kereta api dan juga bandara, Kemenhub juga akan memperhatikan pelabuhan-pelabuhan di Banten. Menurutnya pelabuhan-pelabuhan yang ada di Banten dikelola oleh pihak swasta serta BUMN.

"Oleh karenanya kita sebagai leading sector memberikan suatu rekomendasi bagi mereka memberikan kemudahan agar mereka membangun pelabuhan agar kegiatan-kegiatan industri-industri itu berjalan dengan baik," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS