Sambangi Banten, Ma'ruf Amin Berkurban di Ponpes Syekh Nawawi Al-Bantani

Dwi Bowo Raharjo
Sambangi Banten, Ma'ruf Amin Berkurban di Ponpes Syekh Nawawi Al-Bantani
Maruf Amin. (Suara.com/Arga)

Ahmad Muhayat mengatakan Ma'ruf akan bersilaturahmi dengan masyarakat di Kecamatan Tanara pada malam hari.

Suara.com - Wakil Presiden terpilih periode 2019 - 2024, Ma'ruf Amin, menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Syekh Nawawi al-Bantani di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten. Pada momen ini, Ma'ruf juga berkurban sekaligus bersilatutahmi dengan keluarga dan masyarakat sekitar.

Di Ponpes Syekh Nawawi al-Bantani, setidaknya terdapat 11 sapi kurban yang dipotong, hasil pemberian dari berbagai pihak.

"Tadi acara seremonial pemotongan hewan kurban. (Hewan kurban) kiriman dari mana-mana, ada yang dari individu, dari instansi, ada juga dari perusahaan," kata anak ke-6 Ma'ruf, Ustadz Ahmad Muhayat, saat ditemui di Ponpes Syekh Nawawi al-Bantani, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Minggu (11/08/2019).

Hewan qurban dipotong di lapangan ponpes oleh para pengurus pondok, santri dan masyarakat sekitar. Daging kurban ini bakal dibagikan ke para santri dan warga disekitar pesantren.

"Daging (dibagikan) untuk santri dan masyarakat. Setiap Idul Adha selalu ada hewan kurban dan pembagian," katanya.

Ahmad Muhayat menerangkan, nanti malam Ma'ruf akan bersilaturahmi dengan masyarakat di Kecamatan Tanara.

Wapres terpilih itupun akan meberikan tausiyah atau ceramah agamanya. Sebelum mengisi ceramah, Ma'ruf akan makan bersama dengan para santrinya.

"Insha Allah dilanjutkan dengan makan malam bersama santri. Nanti malam ada acara barjanji, terus ada tausiyah ceramah dari abah yai," jelasnya.

Mudiknya Kyai Ma'ruf ke kampung halaman leluhurnya di kawal oleh 200 personil gabungan dari TNI-Polri dan Paspampres.

Saat memasuki pintu gerbang Ponpes Syekh Nawawi al-Bantani, metal detektor terpasang. Petugas juga melakukan pemeriksaan ke setiap pengunjung yang masuk ke dalam pesantren.

"Untuk aparat (TNI-Polri) dari wilayah, pengamanan hanya sampai di ring 3, sementara untuk ring 2 dan ring 1, untuk safety dilakukan oleh Paspampres dan pasukan Brimob," kata Kabag Ops Polres Serang, Kompol Kosasih, ditempat yang sama.

Kontributor : Yandhi Deslatama

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS