Air untuk MCK Langka Karena Pemadaman PLN, Warga Gondrong Bongkar Pipa PDAM

Chandra Iswinarno
Air untuk MCK Langka Karena Pemadaman PLN, Warga Gondrong Bongkar Pipa PDAM
PDAM Tirta Benteng mendistribusikan air bersih saat pemadaman listrik berlangsung di Kelurahan Gondrong Kecamatan Cipondoh, Tangerang pada Senin (5/8/2019). [Suara.com/M Iqbal]

Pemadaman listrik yang berlangsung di wilayah Tangerang dan sekitarnya membuat warga geram karena kebutuhan air tak bisa terpenuhi.

Suara.com - Pemadaman listrik di wilayah Kota Tangerang membuat warga di wilayah Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang, Banten terpaksa bongkar pipa pulp milik PDAM Tirta Benteng. Lantaran, warga mengaku membutuhkan air bersih.

Pemadaman listrik yang berlangsung di wilayah Tangerang dan sekitarnya membuat warga geram karena kebutuhan air tak bisa terpenuhi. Hal tersebut diakui seorang warga Kelurahan Gondrong, Chandra. Dia mengemukakan harus mencari air untuk bisa mandi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Kerja di hari pertama nggak bisa jalan kesiangan. Kami dari semalam sudah mati lampu jadi tidak ada air," ungkapnya Senin (5/8/2019).

Kata dia, lantaran sulit mencari air bersih, warga sekitar terpaksa harus mencari sumber air. Chandra menyebut di wilayah tersebut terdapat sumber air yakni pipa milik PDAM.

"Tadi saya lihat sudah ramai. Ya udah saya ikutan, warga juga banyak yang ngambil," ucapnya.

Sementara itu, Asisten Manager Humas dan Pengaduan PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ichsan Sodikin membenarkan adanya peristiwa ini.

"Betul ada pembongkaran terkait pipa milik kami karena warga kebutuhan air," ujarnya saat dikonfirmasi.

Meski mengetahui insiden tersebut, PDAM berusaha menangani aksi masyarakat yang melakukan pembongkaran pipa distribusi air bersih dengan mengirimkan air bersih menggunakan mobil tangki kepada warga terdampak pemadaman.

"Kami sudah tutup kendali air pulp-nya dan masyarakat sekitar yang bongkar sudah kita kirim dua mobil tangki air dengan aliran 400 liter per detik," jelasnya.

Ichan mengaku saat itu langsung turun ke lokasi untuk menunjau proses penyaluran air bersih. Dia meminta warga untuk bisa kembali menutup pipa pemasok air bersih itu.

"Saya sudah berkordinasi dengan warga di sana memohon agar pipa air pulp ditutup kembali," katanya.

Meski tidak berlangganan PDAM Tirta Benteng, warga Tangerang tetap diberikan bantuan air bersih selama adanya gangguan listrik PLN ini.

"Kita tetap berikan bantuannya. Itu sampai nanti listrik normal dan tidak ada gangguan," ucapnya.

Selain di Cipondoh, PDAM Tirta Benteng juga mengirimkan air bersih kepada warga yang tinggal di Kecamatan Pinang, Jatiuwung, dan Cibodas yang mengalami dampak serupa.

"Dari pagi sampai detik ini masih banyak permintaan air tangki imbas padamnya listrik. Sudah 7 tangki yang kami kirim ke warga," katanya.

Ichsan juga mengaku apabila masih ada warga yang membutuhkan air bersih dampak padamnya listrik, pihaknya akan melayani.

"Jadi, kita juga merasa hal ini bagian tanggung jawab kita karena mereka masih masyarakat Kota Tangerang," katanya.

Kontributor : Muhammad Iqbal

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS