Mau Belanja Aman dan Nyaman di E-commerce? Ikuti 5 Tips Ini

Cek terlebih dahulu foto dan deskripsi produk.

Fabiola Febrinastri | Restu Fadilah
Jum'at, 23 Desember 2022 | 18:30 WIB
Mau Belanja Aman dan Nyaman di E-commerce? Ikuti 5 Tips Ini
Ilustrasi Belanja E-Commerce (Pixabay/Mediamodifier)

SuaraBanten.id - Di zaman serba digital seperti sekarang, belanja berbagai kebutuhan primer dan sekunder sudah bukan hal sulit lagi. Saat ini, Anda tak perlu jauh-jauh harus pergi ke toko untuk membeli barang yang diinginkan. Cukup duduk manis dan bermodal smartphone, Anda sudah bisa memilih dan membeli barang yang diinginkan yang tersedia di e-commerce.

Bahkan, kini Blibli menghadirkan BliBli for Business, bagi karyawan yang membutuhkan pengadaan barang perusahaan. BliBli for Business merupakan hadir untuk memfasilitasi para pelanggan korporasi dengan pengalaman pengadaan secara mandiri, di mana tujuan utamanya adalah membantu pelanggan korporasi kami mengelola kebutuhan pembelian dengan cara mudah, transparan dan aman.

Blibli for Business memberikan 12 kategori produk utama dan didukung mitra penjual terpercaya yang menawarkan produk-produk dengan harga kompetitif. Ke-12 kategori produk tersebut adalah MRO, IT, handphone & tablet, peralatan elektronik, kamera, home & living, groceries, office supplies, gift & merchandise, voucher, gold, dan digital.

Namun, meskipun saat ini semua kebutuhan sudah lebih mudah didapat dan dipenuhi, bukan berarti Anda bisa asal-asalan ketika belanja online. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika belanja online di e-commerce, agar tetap aman, nyaman, dan terpercaya. Apa saja?

Baca Juga:Viral Kebut-kebutan Pakai Motor Matik, Polisi Buru Pelaku Balap Liar di Lokasi Kamera e-TLE Sudirman

1. Cek Foto dan Deskripsi Produk

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum belanja di e-commerce adalah mengecek terlebih dahulu foto dan deskripsi produk yang ingin dibeli. Hal ini penting, karena dengan begitu, Anda bisa mengetahui secara detail bagaimana bentuk produk incaran.

Mengecek foto terlebih dahulu juga menjadi langkah yang wajib Anda lakukan, karena Anda tidak bisa mengeceknya secara langsung di toko. Sehingga, memperhatikan dengan seksama membantu Anda memilih barang yang tepat.

Perhatikan juga deskripsi produk incaran Anda. Misalnya jika Anda ingin membeli handphone, perhatikan produk tersebut memiliki fitur apa saja, berapa besaran memori yang ditawarkan, hingga resolusi kamera yang dihadirkan.

Kemudian, jika Anda ingin membeli baju, perhatikan juga lingkar dada hingga pinggang barang incaran Anda. Hal ini penting, karena Anda tidak mau, kan, barang yang sudah dibeli justru setelah sampai tidak muat atau mungkin kebesaran?

Baca Juga:Gerindra Tagih LPJ Formula E ke Pj Gubernur Jakarta, Jhon Sitorus: Curiga Pak Heru akan Dikambinghitamkan

2. Cermat ketika Melihat Testimoni

Jika sudah yakin dengan foto dan deskripsi produk incaran Anda, kini saatnya beralih melihat testimoni dari para konsumen lainnya. Langkah ini sangat penting, karena testimoni pelanggan bisa menjadi salah satu pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Meskipun demikian, Anda juga wajib lebih cermat dan berhati-hati ketika melihat testimoni pelanggan. Sebab, sekarang ini banyak online shop yang melakukan kecurangan dengan membuat testimoni palsu.

Namun, Anda jangan cemas. Anda bisa menghindarinya dengan melihat cara pelanggan tersebut membuat testimoni. Biasanya, testimoni palsu terlihat tampak kaku dan seolah dipaksakan, sehingga bisa membuat yakin calon pembeli.

Untuk itu, ada baiknya Anda melihat testimoni yang menyertakan foto barang yang diterima. Lebih bagus jika terdapat video ketika barang sampai dan dibuka, sehingga bisa mengetahui bagaimana kualitas barangnya.

3. Cek Harga dan Lakukan Perbandingan

Biasanya, untuk menarik perhatian dan minat konsumen, tak jarang banyak toko online yang melakukan diskon besar-besaran atau memberikan harga yang murah. Apalagi saat diskon tanggal dan bulan kembar tiba, hampir setiap toko online memberikan diskon yang menarik perhatian.

Meskipun terlihat menarik dan menguntungkan, tapi Anda sebaiknya jangan percaya sepenuhnya. Sebab, tak semua yang ditawarkan toko online benar adanya.

Untuk itu, agar tidak tertipu ketika belanja online, penting bagi Anda untuk mengecek harga dan melakukan perbandingan di setiap toko ata e-commerce. Cara ini berguna, agar Anda bisa mendapatkan harga terbaik untuk produk yang ingin dibeli.

4. Gunakan Jasa Kurir Terbaik

Tak semua e-commerce menawarkan layanan pengiriman yang sama. Kadang kala, ada e-commerce yang menggunakan layanan pengiriman atau kurir, yang berbeda dari e-commerce lainnya.

Hal ini membuat pelanggan bisa bebas memilih layanan pengiriman atau kurir yang ingin dipakai. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati ketika memilih kurir.

Pastikan untuk memilih jasa kurir terbaik dan terpercaya untuk setiap pembelanjaan yang dilakukan. Dengan memilih kurir terbaik, barang yang dibeli pun bisa tiba secara aman dan tepat waktu.

Saat memilih kurir, ada beberapa hal juga yang bisa Anda pertimbangkan, seperti estimasi pengiriman, layanan garansi, kemudahan tracking, dan lain sebagainya.

5. Pilih E-commerce Terpercaya

Terakhir, pilihlah e-commerce terpercaya. Saat ini di Indonesia memang terdapat banyak e-commerce yang bisa dipilih, tetapi sebaiknya Anda tetap harus cermat untuk menentukan pilihan e-commerce mana yang ingin Anda gunakan.

Pilihlah e-commerce yang menjamin keaslian barang, seperti Blibli. Sebab, Blibli hanya menjual produk asli dari toko terpercaya.

Situs belanja yang terpercaya juga akan membuat aktivitas belanja online Anda menjadi lebih menyenangkan. Anda tidak mau jika niatnya ingin berbelanja online, tapi malah kena zonk kan?

Nah, itu lima tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin belanja online, agar tetap nyaman dan aman ketika bertransaksi di e-commerce. Siap mencobanya?

Lifestyle

Terkini

Seruan tersebut terdengar saat Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Cilegon, Sahruji memberi sambutan dalam acara yang turut dihadiri Erick Thohir itu.

News | 16:30 WIB

Pertama-tama nasabah diminta untuk menginstall aplikasi kemudian data dikuras.

News | 20:30 WIB

BRI terus mendorong penguatan penerapan prinsip ESG.

News | 20:00 WIB

Kapolsek Cibeber, AKP Suhel membenarkan penemuan mayat dalam posisi gantung diri itu yang ditemukan warga sekitar bernama Furqon.

News | 13:05 WIB

Dalam video yang diterima Moots.Suara.Com tampak dua orang sedang berbincang soal pelaku yang melempar ular kobra ke rumah mantan orang nomor satu di Banten.

News | 20:21 WIB

Kronologi penculikan anak di Cilegon, Banten tersebut pun kemudian diungkap oleh Kasatreskrim Polres Cilegon AKP Muhammad Nandar saat pres rilis di Mapolres Cilegon.

News | 17:30 WIB

Lalu, pertanyaannya bagaimana trend digital di tahun 2023? simak jawabannya di Local Media Outlook 2023.

News | 16:40 WIB

Tangis sang ayah pecah saat melihat anaknya kembali ke pelukan sang istri, ia pun tampak mengambil posisi sujud syukur sambil menangis histeris.

News | 09:41 WIB

Kabar AS berhasil ditemukan itu dikabarkan Kapolres Cilegon, AKBP Eko Tjahyo Untoro melalui akun Instagram Polres Cilegon @polres_cilegon.

News | 09:16 WIB

Ibu tiga anak tersebut bahkan tak segan menghina serta membongkar beberapa aib Bunda Corla, mulai dari tudingan tidak membayar pajak di Jerman hingga menyebutnya transgender.

News | 20:03 WIB

SuaraBanten.id bakal membahas sejak awal PT Nikomas dikabarkan bakal pindah ke Pekalongan, Jawa Tengah hingga berujung pengunduran diri sukarela dan PHK sepihak.

News | 20:27 WIB

PHK sepihak itu dilakukan lantaran jumlah kuota pengunduran diri sukarela yang dibuka PT Nikomas Gemilang sebanyak 1.600 karyawan tidak terpenuhi.

News | 19:42 WIB

Perseteruan itu berawal dari Nikita Mirzani yang menuding Ivan Gunawan hampir mengirim guna-guna.

News | 10:38 WIB

Sinar Mas Land menangkap momentum tersebut dan menyiapkan stimulus agar masyarakat tetap melirik sektor properti pada 2023.

News | 08:35 WIB

Seperti yang dikutip dari unggahan video akun Instagram @insta_julid, Jumadi, kuasa hukum Rozy Zay Hakiki menyampaikan bila dirinya mengutamakan perdamaian.

News | 23:34 WIB
Tampilkan lebih banyak