facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terdakwa Pelecehan Seksual di SMA SPI yang Kini Viral, Siapa Julianto Eka Putra?

Hairul Alwan Rabu, 06 Juli 2022 | 20:15 WIB

Terdakwa Pelecehan Seksual di SMA SPI yang Kini Viral, Siapa Julianto Eka Putra?
Julianto Eka Putra (Suara.com/ Risna Halidi)

Julianto Eka Putra dilaporkan Komnas HAM atas dugaan kekerasan seksual terhadap mantan siswanya

SuaraBanten.id - Belum lama ini, Julianto Eka Putra diketahui telah ditetapkan sebagai terdakwa dalam kasus kekerasan seksual. Menurut korban yang hadir di podcast Deddy Corbuzier pada Rabu (6/7/2022), Julianto belum ditahan.

Julianto Eka Putra dilaporkan Komnas HAM atas dugaan kekerasan seksual terhadap mantan siswanya. Padahal Julianto selama ini dikenal sebagai motivator yang bahkan sempat menerima penghargaan dari Kick Andy.

Ingin tahu siapa Julianto Eka Putra? Simak profil selengkapnya berikut ini.

Julianto Eka Putra [Instagram @imeral.hdi]
Julianto Eka Putra [Instagram @imeral.hdi]

Julianto Eka Putra atau yang akrab disapa Ko Jul merupakan pria kelahiran Surabaya, 8 Juli 1972. Julianto merupakan lulusan S1 Ekonomi Universitas Surabaya. Status perkawinannya adalah menikah dengan Yenny Tantono. Pernikahan mereka sejak 1998 telah dikaruniai 3 anak.

Baca Juga: Memalukan! Kak Seto Disebut Bela Julianto Eka saat Sidang, Arist Merdeka Sirait Kecewa

Julianto Eka Putra merupakan pendiri SMA Selamat Pagi Indonesia yang berlokasi di Batu, Jawa Timur. Sekolah yang didirikan pada 1 Juni 2007 tersebut memberikan pendidikan gratis bagi siswa tidak mampu.

Namun sebelum mendirikan sekolah gratis, Julianto Eka Putra pernah menjadi sales vacuum cleaner, sales sepatu agen asuransi, berjualan keripik kentang, hingga mengelola toko emas. Julianto Eka Putrajuga pernah menjabat sebagai Account Officer di BDNI serta menjalankan bisnis MLM High Desert di Surabaya. Untuk saat ini, Julianto Eka Putra masih 'memegang' 40 murid sekolah Selamat Pagi Indonesia di bawah naungan Binar Group.

Setelah penayangan podcast Deddy Corbuzier, profil Julianto Eka Putra diubah oleh pengguna media sosial. Profil Ko Jul di Wikipedia jadi berisi segala kejahatan berdasarkan pengakuan korban di podcast #CloseTheDoor. Di antaranya, Julianto Eko Putra mengaku punya kenalan Jenderal sehingga bisa lolos dari jeratan hukum.

Sebelum kasus ini mencuat, Julianto Eka Putra dikenal sebagai motivator yang inspiratif dan penuh prestasi. Ko Jul pernah meraih penghargaan "Kick Andy Heroes 2018". Kisah inspiratif Ko Jul dalam mendirikan sekolah gratis juga diangkat menjadi film yakni "Say I Love You" (2019). Sedangkan "Anak Garuda" (2019) merupakan film yang bercerita tentang perjalanan anak SMA Selamat Pagi Indonesia mengejar impian ke Eropa.

Dengan viralnya kasus kekerasan Julianto Eka Putra, masyarakat mendesaknya untuk diadili dan mendapat hukuman yang setimpal. Bagaimana pendapatmu?

Baca Juga: 7 Fakta Kasus Kekerasan Seksual di SMA SPI, Pelaku Minta Dianggap Seperti Ayah Sendiri

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait