facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Ampuh Tingkatkan Capaian Vaksinasi Tangerang, Masuk ke Gang Cari Warga Belum Divaksin

Hairul Alwan Rabu, 17 November 2021 | 10:28 WIB

Cara Ampuh Tingkatkan Capaian Vaksinasi Tangerang, Masuk ke Gang Cari Warga Belum Divaksin
Vaksinasi keliling di Kelurahan Ketapang, Rabu (17/11/2021). [Istimewa]

Kelurahan Ketapang bersama tim Puskesmas Ketapang sudah beberapa bulan terakhir gencar melakoni vaksin keliling atau biasa disebut dengan vaksin door to door.

SuaraBanten.id - Setiap daerah kini tengah gencar melakukan vaksinasi warga untuk mewujudkan herd immunity terhadap Covid-19. Berbagai cara dilakukan untuk mepermudah layanan vaksinasi seperti yang dilakukan di Kelurahan Ketapang, Kota Tangerang.

Agar cakupan vaksinasi semakin luas dan mudah diakses warga, Kelurahan Ketapang bersama tim Puskesmas Ketapang sudah beberapa bulan terakhir gencar melakoni vaksin keliling atau biasa disebut dengan vaksin door to door.

Melalui vaksin keliling, petugas blusukan ke kampung-kampung, gang-gang menyisir dan memastikan warga mana yang belum divaksin, dan bisa segera divaksinasi.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Lurah Ketapang, Alex Saadon mengungkapkan, cara ini dilakukan sebagai salah satu layanan kemudahan masyarakat untuk mendapat vaksinasi.

Baca Juga: Yuk Kenali Sedekah Minyak Jelantah Tangerang, Selamatkan 911 Juta Liter Pencemaran Air

“Tak perlu repot keluar rumah untuk pergi ke sentra vaksinasi. Petugas vaksin keliling siap ke rumah warga, khususnya mereka-mereka yang memang kesulitan ke sentra vaksin, salah satunya seperti lansia,” ungkap Alex.

Alex mengungkapkan, vaksin keliling ini juga ditujukan untuk melakukan pendekatan, pada warga yang masih takut dengan vaksinasi.

“Namun, setelah diberikan edukasi dan pendekatan secara langsung oleh petugas puskesmas. Alhamdulillah, banyak warga yang akhirnya mau dan bersedia di vaksin,” ungkap Alex.

Hasil vaksinasi keliling yang dilakukan berdampak baik, berdasarkan data SiGacor capaian vaksinasi Kelurahan Ketapang sudah mencapai 89 persen. Secara rinci, 10.492 jiwa pada dosis satu, 8.301 jiwa pada dosis dua dari target 11.778 jiwa.

“Untuk hari ini vaksin keliling berhasil menyisir 30 warga, semoga bisa terus digencarkan baik vaksinasi keliling, tingkat RW maupun sentra utama tingkat kelurahan. Sehingga, angka capaian vaksinasi Kelurahan Ketapang bisa segera terselesaikan dan terpenting benar-benar tepat sasaran,” harapnya.

Baca Juga: 5 Berita Top Banten! Rumah di Tengah Jalan Dibongkar, Sara Wijayanto Panggil Arwah Vanessa

Sementara itu, Kepala Puskesmas Ketapang, dr Muhammad Ilham menuturkan langkah ini sebagai bentuk nyata mempermudah warga untuk mendapat vaksinasi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait