alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Doa Sembuh dari Sakit Keras untuk Diri Sendiri dan Orang Lain, Bacaan Pendek

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 08 Oktober 2021 | 09:34 WIB

Doa Sembuh dari Sakit Keras untuk Diri Sendiri dan Orang Lain, Bacaan Pendek
Doa sembuh dari sakit keras untuk diri sendiri dan orang lain. Doa sembuh dari sakit ini bisa diamalkan.

Bagi umat muslim, penyakit dipercaya sebagai bentuk cinta dan perhatian Allah kepada hambanya, Meskipun pada dasarnya tidak ada manusia yang ingin diberikan sakit.

SuaraBanten.id - Doa sembuh dari sakit keras untuk diri sendiri dan orang lain. Doa sembuh dari sakit ini bisa diamalkan.

Bagi umat muslim, penyakit dipercaya sebagai bentuk cinta dan perhatian Allah kepada hambanya, Meskipun pada dasarnya tidak ada manusia yang ingin diberikan sakit.

Namun kita harus selalu percaya bahwa penyakit itu datangnya dari Allah SWT dan hanya Allah juga yang mampu mengangkat penyakit tersebut.

Ilustrasi Sakit Batuk. (Pexels/Andrea Picquadio)
Ilustrasi Sakit Batuk. (Pexels/Andrea Picquadio)

Maka dari itu, selain berusaha sembuh dengan berobat secara medis, kita juga perlu membaca doa mohon kesembuhan. Pada kesempatan ini kami akan mengulas doa-doa untuk memohon kesembuhan penyakit, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Baca Juga: RSUDAM Lampung Buka Layanan Kardiovaskuler Lengkap

Menyadur dalam buku The Power of Husnudzon karya Ipnu R Noegroho terdapat beberapa hikmah yang dapat dipetik dari sebuah penyakit, diantaranya adalah:

  1. Hikmah saat sakit yang pertama adalah dapat membantu kita dihindarkan dari siksa api neraka, seperti yang dituliskan dalam salah satu riwayat yang berbunyi “Sakit demam itu menjauhkan setiap orang mukmin dan api neraka.” (HR al-Bazzar).
  2. Hikmah yang kedua adalah sebagai penghapus dosa, seperti yang diriwayatkan oleh hadis riwayat Muslim, “Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya.”
  3. Rasulullah pernah bersabda “Sungguh semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika ia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya.” (HR Muslim)
  4. Sebagai pengingat kepada Allah SWT, hal ini dijelaskan dalam surat Al-An'am ayat 42 yang artinya “Dan sesungguhnya kami telah mengutus (para Rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri.”

Doa Mohon Kesembuhan Untuk Diri Sendiri

Ilustrasi sakit asam lambung. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi sakit asam lambung. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menurut salah satu kisah Nabi yang dikisahkan dalam kisah 25 Nabi, ketika Nabi Ayyub AS sedang diuji oleh Allah dengan diberikan penyakit lantas ia berdoa kepada Allah memohon agar penyakitnya diangkat. Berikut adalah doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ayyub AS dan diabadikan dalam surat Al-Anbiya ayat 83:

“Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

Baca Juga: 3 Doa Kejatuhan Cicak dan Mitos Akan Ada Kejadian Buruk atau Sial

Selain doa di atas adapun doa lain yang dapat dipanjatkan sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT untuk meminta kesembuhan dari penyakit, yakni:

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait