alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

LENGKAP Doa Keluar Rumah Agar Tidak Celaka di Jalan, Ajaran Rasulullah

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 08 Oktober 2021 | 06:00 WIB

LENGKAP Doa Keluar Rumah Agar Tidak Celaka di Jalan, Ajaran Rasulullah
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Doa keluar rumah dan masuk rumah yang sebaiknya diamalkan.

SuaraBanten.id - Doa keluar rumah dan doa masuk rumah agar selamat dan tidak celaka di jalan. Doa keluar rumah dan masuk rumah yang sebaiknya diamalkan.

Berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Berdoalah kepada Allah SWT dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah SWT tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai."

Pertama, Doa Keluar Rumah

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Nabi Muhammad SAW mengingatkan seluruh umat Islam untuk selalu membaca doa keluar rumah. Hal itu agar setan tidak bisa menggoda dirinya saat di luar rumah. Adapun bacaan doa keluar rumah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Benarkah Tahlilan Bid'ah? Ini Hukum Melakukan Tahlilan Menurut Buya Yahya

Bismillahi, tawakkaltu 'alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: "Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah semata."

"Allahumma inni a-'udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala 'alayya", yang artinya "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu, janganlah sampai aku tersesat atau disesatkan (setan atau orang jahat), tergelincir atau digelincirkan orang lain, menganiaya atau dianiaya orang lain, dan berbuat bodoh atau dibodohi orang lain." (HR Abu Dawud, HR At Tirmidzi).

Doa Masuk Rumah

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Setelah mengetuk pintu dan mengucapkan salam saat hendak masuk rumah, setiap umat muslim dianjurkan untuk mengucapkan doa masuk rumah.

Baca Juga: Apa Nabi Muhammad Memperingati Maulid Nabi? Ini Jawaban Buya Yahya

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait