alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Siaga Banjir, Ini yang Dilakukan Dinas PUPR Kota Tangerang

Suhardiman Sabtu, 18 September 2021 | 15:19 WIB

Siaga Banjir, Ini yang Dilakukan Dinas PUPR Kota Tangerang
Pekerja PUPR Kota Tangerang saat proses pembangunan turap. [Ist]

Hal ini dilakukan sebagai upaya pengendalian banjir.

SuaraBanten.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang tengah melakukan pembangunan turap. Hal ini dilakukan sebagai upaya pengendalian banjir.

"Ada 18 turap yang dibangun. Itu tersebar di 13 kecamatan, lalu untuk pengendalian banjir di tiga titik. Ada 233 pompa yang telah dibangun, tahun ini ditambah lagi enam pompa," kata Kepala Bidang Tata Air pada PUPR Kota Tangerang, Mursiman, melansir dari bantennews.co.id--jaringan suara, Sabtu (18/9/2021).

Guna mempermudah jalannya air dari saluran pemukiman ke saluran yang lebih besar seperti sungai atau kali, pihaknya juga telah membangun 117 saluran drainase di seluruh wilayah Kota Tangerang.

"Kita sudah membangun drainase yang ada di pemukiman. Upaya ini kita lakukan agar apa yang menjadi rencana strategis, yaitu seluas 45-47 Hektar luas banjir per tahunnya dapat berkurang. Sehingga pada tahun 2023, 120 hektar luas banjir dapat berkurang dari 700 hektare tahun 2019," katanya.

Baca Juga: Lewat Professional Womens Week, Desainer Nina Nugroho Asah Keberdayaan Kaum Perempuan

Untuk mengoptimalkan apa yang telah dibangun pada Bidang Tata Air dapat dimanfaatkan secara maksimal, Bidang Operasi dan Pemeliharan (OP) PUPR, setiap harinya mengerahkan delapan tim yang dibagi menjadi 20 titik lokasi pengerjaan.

"Tim ini kita bagi di wilayah Timur, Barat, dan tengah. Sedangkan untuk tim lainnya itu mobile, mulai dari OP pintu air, tim alat berat, dan tim babatan. Ada juga tim yang selalu standby 24 jam seperti OP pompa dan rehap turap atau tanggul," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait